Halal Bi Halal Daring Fapet IPB

 

Fakultas Peternakan IPB University mengadakan Halal Bi Halal 1441 Hijriah pada Rabu (03/6). Suasana yang berbeda terlihat jelas dalam Halal Bi Halal tahun ini. Kondisi pandemi COVID-19 membuat gelaran Halal Bi Halal virtual yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.

Halal bi halal daring ini dihadiri oleh jajaran pimpinan fakultas, senat akademik, dosen, perwakilan hanter, tenaga kependidikan, jajaran agrianita, mahasiswa, dan lain lain. Pada kesempatan halal bi halal ini,  tausiah disampaikan Dr. Salahudin el Ayyubi, Lc, MA dengan Tema posisi dan peran agama dalam era new normal.

Dalam sambutannya, Dekan Fapet menyampaikan mohon maaf lahir dan batin bagi seluruh warga Fakultas Peternakan IPB University. Ia mengatakan bahwa menjalani Idul Fitri di tengah pandemi ini merupakan ujian yang harus dihadapi bersama secara optimistis.

Dalam sesi atusiah, Salahudin el Ayyubi menyampaikan bahwa dalam era new normal saat ini sangat diperlukan keseimbangan bagi umat muslim.

"Ciri mu’min adalah pada ujungnya agar menjadi orang-orang yang bertakwa" ujarnya. "Takwa adalah berhati-hati dalam kehidupan. Takwa akan memberikan petunjuk dan solusi atas semua persoalan manusia" sambung   dosen lulusan S-1 Syariah Islamiyah at University of Al-Azhar Cairo, Mesir ini.

Dalam era new normal ini, perlu keseimbangan, perlu pijakan yang kuat, pijakan yang mantap. Adapun Keseimbangan yang perlu dipunyai  muslim di era new normal adalah Keseimbangan dunia dan akhirat, Keseimbangan antara hak dan kewajiban. Apakah nikmat yang sudah diterima sudah seimbang dengan kewajiban terhadap pemberi nikmat itu, yaitu Allah SWT, dan yang ketiga adalah Keseimbangan humanity/posisi kita.

Halal bi halal ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustad Salahudin dan ramah tamah sesama peserta halal bi halal.