Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru 2016

Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor mengadakan kegiatan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) tahun 2016, pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 27-28 Agustus 2016, pukul 07:00-15:30 WIB. Selama dua hari, mahasiswa baru Fakultas Peternakan IPB diperkenalkan dengan kehidupan kampus, civitas akademika Fapet IPB, fasilitas yang tersedia, dan banyak kegiatan lain yang bermanfaat bagi mahasiswa baru Fapet IPB.

Pada hari pertama (27 Agustus 2016) mahasiswa baru berkumpul di auditorium Jannes Hummuntal Hutasoit, Fapet IPB. kegiatan diawali dengan sarapan bersama, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan MPKMB Fapet IPB, disusul dengan sambutan dari Dekan dan ketua panitia MPKMB. Pada pembukaan tersebut juga dinyanyikan lagu Mars Fapet, yang juga merupakan salah satu identitas Fapet.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Dekan Fapet IPB, yang memaparkan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan IPB. Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan tentang tata tertib kehidupan kampus yang harus dipatuhi oleh semua civitas akademika Fapet IPB. Hal hal yang berhubungan dengan Fakultas Peternakan disampaikan oleh Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan pengembangan. Selain itu, Dr. Ir. Kartiarso, M.Sc, sebagai salah satu dosen senior  memaparkan pelajaran yang berharga tentang motivasi menjadi mahasiswa Fapet. Mahasiswa Fapet, harus bangga dengan keilmuwannya, karena peternakan saat ini sangat penting bagi kehidupan manusia.


Pukul 10-12 WIB, acara dilanjutkan dengan Talkshow, yang menghadirkan Prof. Luki Abdullah yang  memaparkan tentang kiat sukses berprestasi di dalam dan luar kampus. Prof Luki adalah Dekan periode 2007-2015, yang banyak memiliki prestasi di dalam dan luar kampus IPB. Talkshow ini juga menghadirkan Dodi Cahyo Anggoro, salah satu alumni Fapet IPB yang sukses di bidang peternakan. Dodi mengetengahkan Prospek Berwirausaha di Bidang Peternakan.

 

Setelah istirahat pukul 12-13 WIB, mahasiswa baru diarahkan ke masing-masing Departemen IPTP dan INTP untuk diperkenalkan dengan civitas akademika di Departemen. Departemen IPTP dan INTP adalah tempat dimana mahasiswa akan belajar sesuai dengan minatnya masing-masing. Acara hari pertama diakhiri dengan Acara kebersamaan dan hiburan.

Pada Hari kedua (28 Agustus 2016), mahasiswa baru memulai harinya dengan sarapan, dan dilanjutkan dengan tour laboratorium lapang. Mahasiswa diajak berkeliling ke laboratorium lapang di Fapet IPB, diantaranya ke kandang sapi, kandang domba, kandang ayam, lab. agrostologi, close house, dan lain lain. tempat-tempat tersebut nantinya merupakan sarana belajar mahasiswa baru Fapet IPB untuk mencapai ilmu di bidang peternakan. Setelah makan siang, mahasiswa baru juga diajak berkeliling ke Dekanat Fapet, departemen yang ada di Fapet, Divisi yang ada di Faoet dan juga laboratorium analisis di Fapet IPB.

Acara berrakhir pada pukul 15:30 WIB, dengan didahului dengan pengumuman award untuk peserta terbaik, dan foto terbaik saat tour di kandang.