News

Bogor - Program Sarjana Plus Logistik Peternakan IPB menggelar kembali Studium General ke-3 pada hari Rabu, 15 November 2017 di Ruang Sidang Fakultas Peternakan Kampus IPB, Darmaga Bogor. Studium General kali ini merupakan rangkaian dari kegiatan perkuliahan pada mata kuliah Live Animal Transportation yang diampu oleh Dr.Ir Rudi Afnan, MScAgr. Studium Generale ini juga turut mengundang para mahasiswa Pascasarjana beserta staf dosen di Fakultas Peternakan IPB sebagai peserta. Kegiatan Studium General ini diikuti secara antusias oleh 37 peserta yang terdiri dari mahasiswa Sarjana Plus Logistik Peternakan, mahasiswa Pascasarjana Fakultas Peternakan IPB dan staf dosen.

Dosen tamu yang diundang adalah dari kalangan praktisi, yaitu Eko Djatmiko. Beliau adalah alumni IPB lulus pada jurusan Teknologi Pangan tahun 1983. Eko telah berpengalaman selama 5 tahun sebagai Direktur pada perusahaan transportasi. Materi yang disampaikan dalam Studium General ini lebih difokuskan mengenai layanan transportasi unggas. Kegiatan pemaparan dilakukan bersama dengan tanya jawab secara langsung dari para peserta.

Berikut adalah beberapa point pembahasan pada Studium General  terkait layanan transportasi unggas:

Read more: Program Sarjana Plus Logistik Peternakan Menggelar Studium General Dengan Tema :"Complete Poultry...

foto : www.msm.nlDelegasi tingkat tinggi IPB, mengunjungi Maastricht School of Management (MSM)  dalam rangka menjalin kerjasama kelembagaan,  dalam pembentukan  Pusat Ilmu Pengetahuan Berkelanjutan  di IPB (30-31 Okt 2017).  Hadir dari  IPB diantaranya  adalah : Wakil Rektor bidang Penelitian dan Kerjasama IPB,  Dekan Fakultas Peternakan, dan  Prof. Luky Abdullah.  Pusat ini diharapkan  akan menjadi jangkar untuk penelitian multi-disiplin dan pendidikan eksekutif.

Kerja sama ini dikembangkan  menyusul atas suksesnya kerjasama antara MSM dan IPB pada beberapa waktu yang lalu, pada bidang pengembangan bisnis dan kewirausahaan yang berkelanjutan yang merupakan kontribusi dari MSM untuk IPB.  kerjasama dengan MSM telah menghasilkan 83 mahasiswa yang telah lulus pada Sekolah Bisnis IPB dengan spesialisasi pengembangan bisnis berkelanjutan tahun 2009.

Adapun Kerja sama yang masih berlangsung sampai tahun ini adalah kerjasama di bidang logistik Peternakan. MSM bersama dengan Universitas Wageningen dan Aeres Group of agricultural education institutes, mendukung IPB dalam menyiapkan program pendidikan logistik peternakan  di Fakultas Peternakan IPB.  Prioritas kerjasama tersebut dilakukan pada bidang penelitian secara bersama-sama.  

International Steering committee dari pihak belanda, menyatakan kepuasan mereka atas hasil yang dicapai pada kerjasama yang telah dilakukan. Dr Anas Miftah Fauzi, selaku Wakil Rektor IPB untuk Penelitian dan Kerjasama Internasional, menekankan bahwa proyek tersebut berada di tengah prioritas nasional, yang mana  atas permintaan Presiden RI, yang meminta agar IPB lebih menekankan pada pendidikan dan penelitian agro logistik.


Lihat Semua Berita >>