Lima Mahasiswa Fapet IPB Mengikuti Earning Program on Beef Industry di Australia

Sebanyak lima orang mahasiswa Fakultas Peternakan IPB pada liburan semester lalu melakukan kegiatan Earning Program on Beef Industry di Australia selama 20 hari, yaitu pada tanggal 1 – 20 Juli 2014. Kelima mahasiswa tersebut terdiri dari dua orang mahasiswa Departemen INTP  yaitu Amalia Ikhwanti dan Sisca Chynthia, serta tiga orang mahasiswa Departemen IPTP yaitu Hafidz Ilman Albana, Mochamad  Dwi dan Ria Putri Rahmadani.

Kegiatan ini merupakan kerjama antara Fakultas Peternakan IPB dengan The University of Adelaide yang bertujuan untuk meningkat pengalaman mahasiswa dalam pengelolaan peternakan modern. Pada awal kegiatan kelima mahasiswa mengunjungi kampus di North Terrace dan Roseworthy, The University of Adelaide sekaligus juga mengunjungi Elders Central Office di Adelaide. Selanjutnya para mahasiswa banyak mengikuti pelatihan antara lain meat judging yaitu teknik penilaian kualitas daging di beberapa industri daging yaitu Holco Meat, Thomas Foods dan Hahndorf. Pelatihan ini diadakan oleh School of Animal and Veterinary Science, The Uni of Adelaide. Mahasiswa juga berkesampatan menghadiri Intercollegiate Meat Judging  2014, yaitu suatu even internasional dalam kontes penilaian kualitas daging yang dihadiri oleh berbagai universitas di Australia dan luar negeri.

 

Kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa adalah saat berkunjung ke berbagai station yaitu ranch atau padang pemeliharaan di Darwin dan Katherine di North Territory. Beberapa station yang dikunjungi antara lain Douglas Daly, Katherine Research Station, Beatrice Hill Farm dan Noonamah Export Deport. Station dengan padang penggembalaan yang luasnya ribuan hektar dengan skala pemilikan sapi mencapai ratusan ribu ekor ini sebagian besar mengekspor sapinya ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Selama di Australia kelima mahasiswa Fakultas Peternakan tersebut tinggal bersama keluarga Australia. Selama di Australia, para mahasiswa juga berkesampatan mengunjungi berbagai tempat wisata, antara lain George Wildlife Park, Glenelg Beach, dan Semaphore Beach. [amalia/igp]


Lihat Semua Berita >>