Audit Internal ISO 9001:2015 Fapet IPB

Fakultas Peternakan IPB baru-baru ini melakukan audit internal ISO 9001-2015 yang dilakukan kepada seluruh manajemen di Fapet IPB guna mempertahankan sertifikat ISO yang telah diraih (Rabu, 1/3/2017). Kegiatan dihadiri oleh Jajaran Pimpinan dan tenaga kependidikan di lingkungan Fapet IPB.

Pembukaan dilakukan oleh Dekan Fapet IPB, dan dilanjutkan oleh Prof. Sumiati, selaku management representative mengarahkan kepada seluruh auditee dan auditor dalam pelaksaaan audit internal supaya dapat berjalan dengan lancar. Audit internal ini dilakukan adalah untuk mengurangi kegagalan dalam pelaksanaan audit eksternal nantinya.

Tim Audit Internal yang melakukan tugasnya diketuai oleh Dr. Tuti Suryati, dan dibantu oleh 4 orang anggota, yakni Dr. Sri Suharti, Dr. Lucia Cyrilla, Dr. Sri Darwati, dan Dr. Widya Hermana.  Tim audit internal memulai tugasnya dengan melakukan wawancara pada seluruh bagian disertai dengan pengecekan secara administrasi terkait masing-masing bagian, mulai dari awal sampai akhir suatu pekerjaan. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan secara fisik terhadap bukti-bukti yang ada dan terakhir ditutup dengan kesimpulan serta evaluasi.

Selama 2 hari, para auditor internal meng-audit para auditi untuk kemudian disimpulkan oleh tim auditor. Hasil rekapan ini akan ditindaklanjuti oleh manajer mutu beserta tim untuk memantau pelaksanaan perbaikan sebelum dilaksanakan kaji ulang manajemen sebagai proses akhir sebelum dilaksanakan audit eksternal oleh lembaga independen pemberi sertifikat ISO.  Adapun pada tahun 2017 ini, Fapet IPB akan beralih ke standar yang lebih baru yaitu standar ISO 9001:2015, setelah mulai pada 2 tahun sebelumnya, Fapet IPB menerapkan  standar ISO 9001:2008.

Dari keseluruhan kegiatan audit internal diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik dalam rangka menunjang program peningkatan mutu Pelayanan Akademik di Fapet IPB, yang mana sebagian besar baik proses pelayanan telah dapat dirasakan manfaatnya oleh Civitas Fapet IPB untuk dan dapat terus ditingkatkan.



Lihat Semua Berita >>