IPB University Melepas Mahasiswa KKNT

IPB University melepas 2.555 mahasiswa untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) pada (17/6) di Kampus Dramaga, Bogor. KKNT merupakan agenda tahunan yang dilakukan IPB University sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa.

Tahun ini, KKN-T dilaksanakan selama 40 hari dan bekerjasama dengan 29 kabupaten/kota dengan rincian 26 kabupaten/kota di pulau Jawa dan 3 kabupaten di luar Jawa yakni Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Simalungun, Kota Ternate dan Tikep.

Mahasiswa Fapet IPB yang melakukan KKN pada tahun ini sebanyak 235 orang. Adapun Lokasi penempatan mahasiswa-mahasiswa tersebut dikonsentrasikan di Kabupaten garut, Tasikmalaya, Indramayu dan Brebes.

Dr. Arif Satria, Rektor IPB University menyampaikan bahwa KKN-T akan mengajarkan kepada mahasiswa untuk belajar berkorporasi, belajar menyelesaikan masalah, dan belajar untuk lebih peka terhadap problematika masyarakat. “Tunjukkan bahwa IPB University hadir dengan membawa nilai tambah dan dapat bermanfaat untuk masyarakat dengan segenap ilmu yang telah kalian dapatkan. Jadikan tempat KKN-T itu sebagai tempat untuk mendapatkan inspirasi dan sebagai tempat untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat desa maupun kota,” ujarnya.

Senada dengan Rektor IPB University, Dr. Ir. Aji Hermawan, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menyampaikan bahwa pada kegiatan KKN-T ini mahasiswa bisa mengimplementasikan pengetahuan-pengetahuan yang telah didapatkan di perkuliahan dan menawarkan inovasi inovasi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

 “Lokakarya akan kami lakukan beberapa kali untuk pengontrolan. Semoga kita dapat mengkontribusikan pengetahuan kita dengan baik,” terangnya di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir pada apel pelepasan. Pelepasan mahasiswa KKN-T dilakukan secara simbolisdengan penyerahan Surat Tugas untuk mahasiswa KKN-T IPB University Tahun 2019.

Adapun penyerahan Surat Tugas dilakukan oleh Rektor IPB University kepada seluruh koordinator dari 29 kabupaten/kota.