Faster Goes to Village

FTV ( Faster Goes to Village ) adalah program pemberdayaan masyarakat Fakultas Peternakan yang mencakup beberapa program kegiatan. Program yang telah sukses terlaksana diantaranya adalah budidaya ayam kampung dan program study and creativity bersama murid-murid TK di desa. Adapun desa binaan FTV ini yakni Desa Karacak yang berlokasi di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Budidaya ayam kampung didahului dengan programtalkshow dengan peserta masyarakat desa, khususnya para ibu dan Pak Eka sebagai narasumber di bidang budidaya ayam kampung. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi yang ditunjukkan dengan banyak pertanyaan mengenai budidaya ayam kampung yang baik dan benar. Mengingat Desa Karacak sebenarnya pernah dikenal dengan kualitas ayam kampungnya yang cukup baik. Namun, karena suatu saat terserang penyakit dan menyebabkan sebagian besar ayam mati, maka hal tersebut menjadi salah satu momok bagi masyarakat untuk kembali mengembangkan budidaya ayam kampung. Adanya program ini bertujuan meningkatkan semangat masyarakat untuk kembali mengangkat budidaya ayam kampung sebagai salah satu komoditi andalan daerah. Kegiatan ini didukung dengan pembangunan kandang ayam dan pemberian DOC ayam kampung sebanyak 100 ekor. Kandang berukuran 7mx4m dibangun di atas kolam ikan milik salah satu warga. Tujuannya adalah membudidayakan penerapan sistem integrasi dengan budidaya ikan. Manajemen kandang juga diterapkan untuk mencegah penularan penyakit yang ada, seperti dilakukannya sanitasi kandang sebelum pemasukan DOC.

ImageImage


Program selanjutnya yang telah terlaksana yakni study and creativity. Kegiatan yang dilakukan adalah pembelajaran dan bermain bersama adik-adik TK di desa. Antusiasme adik-adik desa sangat tinggi dengan kehadiran panitia FTV yang ikut serta belajar dan bermain bersama mereka. Ditambah lagi dukungan penuh oleh para guru.Pada salah satu rangkaian I-Share IPB yakni CGTC (Children Goes to Campus) pada 15 September 2013 lalu, kita juga mengirimkan beberapa duta untuk mengikuti lomba mewarnai. Ternyata salah satu adik perwakilan dari Desa Karacak membuahkan prestasi sebagai Juara Harapan 2.

Adapun program kita selanjutnya untuk bulan Oktober dan November yakni melakukan pelatihan pengolahan sosis yang diikuti para ibu Desa Karacak dengan bahan baku ayam kampung yang telah dibudidayakan. Selain itu, akan dilaksanakan juga acara bakti sosial bersama.

Oleh : Nini Choirunnisa

Departemen Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa

BEM Fakultas Peternakan IPB