Masa Orientasi yang Penuh Nilai Prestasi Masa Perkenalan Fakultas Peternakan (MPF-D) "Meet Cowboy"

Pandangan sebagian orang terhadap peternakan identik dengan hewan ternak, kotor, bauk, hidup di kandang, dll, itulah yang dirasakan para mahasiswa baru Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor angkatan 48. Banyak diantara mereka yang tidak memilih Fakultas Peternakan sebagai pilihan pertama, melainkan pilihan kedua ataupun pilihan ketiga. Pandangan yang sempit terhadap dunia peternakan itulah yang membuat mahasiswa baru merasa bingung terhadap masa depannya. Dalam menjawab keluhan mahasiswa baru Fakultas Peternakan tersebut, dilaksanakanlah kegiatan orientasi yang bertujuan untuk memperkenalkan fakultas dan prospek lulusan peternakan serta menumbuhkan jiwa semangat pemuda yang berprestasi.

Masa Perkenalan Fakultas (MPF), Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor adalah kegiatan orientasi mahasiswa baru yang diselenggarakan setiap tahunnya. Tahun ini, kegiatan MPF tersebut diberi nama “Meet Cowboy 48” dengan tema “Membangun Solidaritas untuk Generasi Peternakan yang Berkualitas”. Meet Cowboy 48 diselenggarakan pada tanggal 26, 27, 28 Agustus 2012. Rangkaian kegiatan MPF setiap harinya ditanamkan dengan nilai-nilai prestatif yang terdapat disetiap kegiatannya. Nilai-nilai tersebut terangkai dalam Hexagonal Point of Bee (enam poin dari lebah yang menjadi icon dari Meet Cowboy 48) yang terdiri dari nilai-nilai “Religius, Intelectual, Solidarity, Teamwork, Entrepreneurship, dan Leadership”.

  Setiap kegiatan selama MPF diberi nama istila-istilah peternakan sesuai dengan bidang ilmu mahasiswa Fakultas Peternakan. MPF hari pertama (26 Agustus 2012) yang dilaksanakan di gedung auditorium JHH Fakultas Peternakan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi fakultas baik secara akademik maupun non-akademik yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Moh. Yamin, M.Agr.Sc., Kepala Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr., Sekertaris Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Dr. Ir. Henny Nuraini, M.Si., dan Kemahasiswaan Fakultas Peternakan Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt, M.Si. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kehidupan di fakultas dan memberi arahan serta bimbingan terhadap akademik dan kegiatan organisasi mahasiswa Fakultas Peternakan. Kegiatan MPF hari pertama tertanam nilai religius yang terdapat pada sesi waktu ibadah dan penyampaian materi keagamaan, dan intelectual yang terdapat pada kegiatan sosialisasi fakultas secara akademik maupun non-akademik dan sesi tour kandang.

MPF hari kedua pada 27 Agustus 2012 yang dilaksanakan di tempat yang sama terdapat nilai-nilai Entrepreneurship yang diterapkan pada sesi talkshow yang diberi nama DEdAK (Dialog Entrepreneurship dengan Anak Kandang), yang disampaikan oleh para alumni sukses di bidang peternakan. Alumni sukses yang hadir adalah Ir. Harianto Budi, MM., dan  Ichsan Wahyudi, S.Pt. MBA. MA. Pada sesi DEdAK bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru bahwa dunia peternakan adalah dunia yang memiliki masa depan yang cerah. Pembicara menyampaikan materi mengenai kehidupan ketika menjadi mahasiswa peternakan dan memberikan tips-tips kiat sukses selama menjadi mahasiswa dan menjadi lulusan yang sukses dibidang peternakan. Selain nilai Entrepreneurship, nilai Intelectual terdapat pada sesi talkshow yang diberi nama Premix (Pergerakan Mahasiswa in Action). Pada sesi Premix materi disampaikan oleh mahasiswa berprestasi Fakultas Peternakan, Acep Usman, dan aktivis mahasiswa Satriyo Ardi, S.Pt. Sesi tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk meraih banyak prestasi selama menjadi mahasiswa peternakan. Kemudian, untuk menanamkan nilai empati terhadap sesama, terdapat acara bakti sosial, yaitu pemberian sembako yang berasal dari para peserta dan diberikan kepada para pegawai kebersihan di lingkungan Fakultas Peternakan.

MPF hari ketiga (28 Agustus 2012) merupakan puncak dari serangkaian kegaiatan MPF. Dalam membangkitkan kebersamaan, nilai-nilai Solidarity, Teamwork, dan Leadership terdapat pada kegiatan outbond yang dilaksanakan di area UP3J IPB (Unit Pendidikan dan Penelitian Peternakan Jonggol IPB). Ditengah padang penggembalaan, para mahasiswa baru berjalan mencari pos-pos yang terdapat permainan di setiap posnya. Dalam perjalanan kesetiap posnya, mahasiswa baru dapat sambil berinteraksi dengan hewan ternak yang digembalakan seperti sapi, kerbau, domba, dan kuda. Panas teriknya matahari tidak membuat mahasiswa baru merasa lelah, keceriaan tampak hingga acara outbond selesai. Tujuan dari dilakukannya outbond ini selain untuk menanamkan nilai Solidarity, Teamwork, dan Leadership, tetapi malatih jiwa mahasiswa peternakan yang tanggu terhadap medan di lapangan.  Setelah outbond, sore harinya, para peserta MPF berkumpul di depan wisma untuk  melanjutkan sesi CGM (Cowboy Group Meeting).

Pada sesi CGM, seluruh peserta dan panitia mengenakan pakaian ala koboy dengan kemeja kotak-kotak dan topi koboy. CGM adalah kegiatan talkshow interaktif dari beberapa narasumber yang berasal dari alumni Fakultas Peternakan IPB, diantaranya Dr. Ir. Suswono, MMA yang menjabat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Syukur Iwantoro, MS. yang menjabat sebagai Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kemudian hadir pula Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Ir. Hery Suhardiyanto, M.Sc., dan pada sesi tersebut dimoderatori oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr. Seluruh narasumber terlihat kompak menggunakan pakaian ala koboy dengan kemeja kotak-kotak dan topi koboy. Dosen-dosen yang hadir pun ikut menggunakan pakaian ala koboy.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyampaikan pesan, "Siapkan diri kalian untuk bekarya yang menghasilkan inovasi dalam mengembangkan pertanian dan peternakan Indonesia,". Bapak Suswono pun  mengatakan, “para mahasiswa perlu menyusun rencana untuk mewujudkan keinginannya. Tanpa perencanaan,  merupakan awal dari kegagalan”. Sedangkan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan memberi pesan “Manfaatkanlah ketika menjadi mahasiswa peternakan, bangun networking dan perbanyak pengalaman, bersiaplah menyambut masa depan yang cerah”. Rektor IPB menambahkan, “Mahasiswa IPB adalah pionir dalam kemajuan pertanian khususnya peternakan di Indonesia, banggalah menjadi mahasiswa peternakan dan raih prestasi untuk membangun negeri”.

Setelah sesi talkshow selesai, dilanjutkan dengan menanam tanaman pakan ternak bersama Menteri Pertanian, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Rekor Institut Pertanian Bogor, Dekan Fakultas Peternakan, dosen-dosen, dan seluruh panitia dan peserta MPF di area lahan UP3J IPB. Sebelum menanam, Menteri Pertanian dan Rektor IPB secara bergantian menggunakan traktor untuk mengolah tanah yang digunakan sebagai media tanam oleh hijauan makanan ternak.

Rasa bangga terhadap peternakan terlihat setelah rangkaian acara MPF selesai. Keceriaan dan rasa haru dan kebanggan disampaikan oleh beberapa peserta MPF sebelum kegiatan MPF selesai. Sesi terakhir adalah sesi saling memaafkan antara panitia dan peserta MPF, rasa sedih dan haru serta hiasan petasan kembang api mewarnai indahnya malam yang penuh dengan kehangatan.

Suksesnya acara MPF ini atas kerjasama dari keluarga besar civitas akademika Fakultas Peternakan dan Departemen, dan seluruh panitia dan peserta MPF, serta pihak sponshorship dari PT. Lembu Jantan Perkasa, NU Green Tea, MT Farm, media partner Green TV dan Centium.

Oleh : Hafidz Ilman Albana
(Ketua Pelaksana MPF “Meet Cowboy 48”)
hafidzilman@hotmail.co.id
+6285718008027