Fakultas Peternakan IPB Gelar Meet Coboy 50

Meet Cowboy 50 adalah rangkaian dari kegiatan Masa Perkenalan Fakultas dan Departemen (MPF-D) IPB yang diselenggarakan pada tanggal 21, 22, dan 23 Agustus 2014 di lingkungan Fakultas Peternakan IPB.

Akan tetapi, sebelum pelaksanaan kegiatan ini dilakukan gathering atau ngabarek (ngariung bareng koboi) pada tanggal 1 & 22 Juni dan 19 Agustus 2014 dengan durasi 3×2 jam setiap pertemuannya. Hal ini bertujuan untuk memaparkan deskripsi kegiatan Meet Cowboy 50 dan sebagai persiapan peserta sebelum mengikuti Meet Cowboy 50.

Rangkaian kegiatan Meet Cowboy 50 melibatkan berbagai pihak dari civitas akademika Fakultas Peternakan, alumni, dan pihak lain yang mendukung kegiatan Meet Cowboy 50. Secara umum, kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tema yang bersifat memperkenalkan Fakultas Peternakan, menumbuhkan rasa kebersamaan dan bangga menjadi mahasiswa Fakultas Peternakan serta meningkatkan solidaritas untuk generasi peternakan yang berkualitas. Serangkaian kegiatan acara Meet Cowboy 50 terdiri dari :

 

Ngabarek (Ngariung Bareng Koboi)

Kegiatan ini berupa gathering antara peserta dan panitia Meet Cowboy 50. Pemilihan ketua angkatan (Sheriff) mahasiswa fakultas peternakan angkatan 50 juga dilakukan pada kegiatan ini. Pemilihan ini merupakan aplikasi dari nilai pengoperasian dalam team work (Operation).

Tujuan acara ini yakni memperkenalkan peserta dengan panitia yang akan mendampingi peserta pada Masa Perkenalan Fakultas Peternakan dan mempersiapkan peserta dalam pelaksanaan Meet Cowboy 50 serta mengkontrol kinerja ketua angkatan (Sheriff) selama pelaksanaan Meet Cowboy 50.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran awal kepada peserta terhadap kegiatan Meet Cowboy 50 dan menumbuhkan semangat untuk mengikuti kegiatan Meet Cowboy 50.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni timbulnya semangat peserta untuk mengikuti kegiatan Masa Perkenalan Fakultas Peternakan/Meet Cowboy 50, tumbuhnya rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara peserta dengan panitia serta tumbuhnya rasa tanggung jawab bagi pribadi Sheriff terhadap seluruh angkatan 50.

Pembukaan “Opening Ceremony”


Upacara pembukaan acara Meet Cowboy50 secara resmi dibuka oleh Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr, selaku Dekan Fakultas Peternakan IPB sekaligus pemberian amanat kepada mahasiswa baru Fakultas Peternakan. Upacara pembukaan juga diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, hymne IPB, dan mars Fakultas Peternakan. Selain itu penyematan atribut secara simbolik oleh Dekan kepada Pak Sheriff dan Bu Sheriff sebagai peserta.

Membuka secara resmi rangkaian acara Meet Cowboy 50, menumbuhkan semangat serta antusiasme peserta untuk mengikuti Meet Cowboy 50, melantik Pak Sheriff dan Bu Sheriff, meningkatkan jiwa kebangsaan melalui lagu Indonesia Raya, dan menyambut secara resmi mahasiswa baru Fakultas Peternakan angkatan 50.

Manfaat acara ini yakni menumbuhkan semangat, rasa kebersamaan (solidarity) dan kekeluargaan antar civitas akademika Fakultas Peternakan, menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, dan memberikan pemahaman kepada peserta terkait esensi dari kegiatan Meet Cowboy 50.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa baru Fakultas Peternakan sebagai peserta Meet Cowboy 50 menjalankan upacara secara khidmat dan tertib serta memahami urgensi dari kegiatan Meet Cowboy 50.

Menetas “Mengenal tentang Fakultas”


Kegiatan ini berupa sosialisasi oleh pihak Fakultas, Departemen IPTP dan INTP. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan meliputi pengenalan struktur fakultas, pengenalan mata kuliah, penjabaran prestasi-prestasi fakultas, tata tertib kehidupan kampus Fakultas Peternakan, dan semua fasilitas yang dapat diakses oleh mahasiswa. Sosialisasi Fakultas akan disampaikan oleh Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr selaku Dekan Fakultas Peternakan, sosialisasi Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan akan disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA selaku Kepala Departemen IPTP dan sosialisasi

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan akan disampaikan oleh Dr. Ir. Panca Dewi Manu Hara Karti, M.Si selaku Kepala Departemen INTP. Penyampaian tata tertib kehidupan kampus oleh Bagian kemahasiswaan Fakultas Peternakan. Sosialisasi berupa pemutaran film berisikan pengenalan stakeholder yang terkait dan juga diskusi antara penyampai materi dan mahasaiswa.

Tujuan acara ini yakni memperkenalkan perangkat Fakultas dan Departemen, serta mengenalkan tata tertib kehidupan kampus Fakultas Peternakan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa mampu mengakses fasilitas yang tersedia secara mudah.

Manfaat acara ini adalah mahasiswa mengetahui perangkat, aturan, tata tertib dan pelayanan yang bisa didapatkan di Fakultas maupun Departemen serta meningkatkan rasa cinta mahasiswa terhadap Fakultas (Devoltion).

Indikator Keberhasilan acara ini yakni peserta mengetahui perangkat yang ada di Fakultas dan Departemen masing-masing, memiliki pegangan dan paham untuk hidup dilingkungan kampus Fakultas Peternakan sesuai dengan aturan yang berlaku serta memiliki rasa cinta (Devoltion) terhadap Fakultas Peternakan IPB.

“Simmental” Sharing Menarik tentang Alumni

Kegiatan ini berupa talkshow dan sharing pengalaman perkuliahan dari alumni Fakultas Peternakan IPB untuk memberi motivasi kepada peserta. Narasumber yang dihadirkan lebih dari satu orang sehingga peserta mendapatkan gambaran perkuliahan dari setiap alumni dengan latar belakang yang berbeda.

Tujuan acara ini yakni membuka pikiran peserta sebagai mahasiswa baru sehingga peserta lebih siap dan mantap serta beraksi nyata (Action) dalam menghadapi berbagaimasalah yang mungkin terjadi pada masa perkuliahan di Fakultas Peternakan IPB.

Manfaat acara ini yakni untuk menumbuhkan rasa percaya diri serta keinginan yang kuat untuk beraksi nyata (Action) dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada masa perkuliahan di Fakultas Peternakan IPB.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni terbentuknya rasa percaya diri serta keinginan yang kuat untuk beraksi nyata (Action) dalam diri peserta sehingga dapat menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada masa perkuliahan di Fakultas Peternakan IPB.

Wedus “Wejangan Dosen untuk Mahasiswa”

Kegiatan ini adalah aplikasi dari nilai Solidarity (kebersamaan) dan Devoltion melalui pengenalan disertai diskusi antara peserta dan dosen, dengan menghadirkan seluruh dosen dari setiap bagian di departemen.

Tujuan acara ini yakni memperkenalkan seluruh civitas akademik (tenaga pendidik dan yang yang berkaitan) kepada mahasiswa baru agar dapat saling mengenal dan memudahkan kegiatan akademik di Fakultas Peternakan.

Manfaat acara ini yakni meningkatkan rasa kebersamaan (Solidarity) civitas Fakultas Peternakan dan memudahkan mahasiswa dalam menjalani kehidupan fakultas selama menempuh pendidikan.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa baru mengenal dan mengetahui seluruh civitas akademik Fakultas Peternakan serta tumbuh dalam diri peserta rasa kebersamaan (Solidarity) dan rassa cinta (Devoltion) dengan seluruh civitas Fakultas Peternakan.

Sapi PO “ Saatnya Peserta Ikut Pengenalan Organisasi”


Kegiatan ini berupa presentasi oleh masing-masing Lembaga Kemahasiswaan dan lembaga struktural yang ada di Fakultas Peternakan. Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan akan disampaikan oleh ketua atau perwakilan dari LK/LS tersebut.

Tujuan acara ini yakni memperkenalkan dan memaparkan deskripsi Lembaga Kemahasiswaan beserta program kerja unggulan dari masing-masing lembaga. Menarik minat mahasiswa untuk berperan aktif (Action) dan berperan sebagai penggerak (Propulsion) dalam Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Peternakan.

Manfaat acara ini yakni mahasiswa mengetahui program kerja unggulan dan masing-masing Lembaga Kemahasiswaan dan Lembaga Struktural yang ada di Fakultas Peternakan sehingga timbul keinginan mahasiswa untuk berperan aktif (Action) dan berperan sebagai penggerak (Propulsion) dalam Lembaga Kemahasiswaan maupun Lembaga Struktural Fakultas Peternakan.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni munculnya minat dan keinginan mahasiswa baru untuk aktif untuk berperan aktif (Action) dan berperan sebagai penggerak (Propulsion) dalam Lembaga Kemahasiswaan maupun Lembaga Struktural Fakultas Peternakan.

Gas Metan “Gahool Bersama Menteri Pertanian”


Kegiatan ini merupakan kegiatan penanaman nilai “Propulsion, Action, Devoltion dan Solideration” kepada mahasiswa berupa dialog interaktif dengan Menteri Pertanian, Rektor IPB, dan Praktisi mengenai kontribusi sarjana peternakan bagi masyarakat.

Menteri Pertanian dan Rektor IPB menjelaskan serta mendorong mahasiswa untuk tidak hanya sekedar menjadi seorang entrepreneur dalam bidang peternakan, tetapi juga mampu berkontribusi dan berperan aktif sebagai tenang penggerak dalam membangun daerah-daerah Indonesia sebagai wujud dari kecintaan terhadap Fakultas Peternakan yang diimplementasikan ke negeri Indonesia serta wujud kepedulian mahasiswa terhadap kondisi Indonesia. Tokoh praktisi menceritakan kisah-kisah inspiratif orang-orang yang telah berkontribusi dan telah terjun langsung ke daerah-daerah untuk membangun bangsa.

Tujuan acara ini yakni meningkatkan wawasan, minat, dan semangat mahasiswa baru terhadap dunia peternakan dan bersedia berkontribusi aktif sebagai tenaga penggerak membangun bangsa melalui peternakan.

Manfaat acara ini yakni memberikan wawasan, minat, dan semangat mahasiswa baru untuk membangun bangsa melalui bidang peternakan meningkat.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa baru aktif dan antusias dalam mengikuti talkshow dan timbulnya semangat dan minat mahasiswa untuk membangun bangsa khususnya daerah-daerah melalui bidang peternakan.

Talkshow Pedet “Pengenalan dan Pendekatan Tokoh”

Kegiatan ini merupakan kegiatan penanaman nilai “Operation” dan “Solideration”, kepada mahasiswa berupa dialog interaktif dengan Tokoh Peternakan. Mahasiswa akan diberikan langkah-langkah untuk menjadi pemimpin, panutan, sekaligus pengoperasi (leader) dalam suatu Team Work di ranah pekerjaan.

Mahasiswa akan ditanamkan pemikiran mengenai pentingnya memiliki karakter sebagai seorang leader yang mempunyai rasa peduli terhadap sesama. Artinya peka terhadap lingkungan sekitarnya. Setelah talkshow akan ada sedikit simulasi yang diberikan oleh pembicara untuk lebih memberikan pemahaman kepada peserta terkait dengan materi yang disampaikan.

Tujuan acara ini yakni menanamkan karakter seorang leader yang peduli terhadap sesama dalam dunia pekerjaan di bidang peternakan.

Manfaat acara ini yakni membentuk leader-leader mahasiswa yang berkarakter dan memiliki rasa kepedulian terhadap sesamanya.
Indikator Keberhasilan Mahasiswa baru aktif dan antusias dalam mengikuti talkshow terciptanya karakter pada mahasiswa sebagai sebagai seorang leader yang peduli terhadap sesama.

Ayam Kate “Ayo Kita Mengenal Kandang Ternak”


Kegiatan ini merupakan simulasi penanaman nilai “Profitation” (keuntungan yang bermanfaat) yang diberikan melalui kegiatan kunjungan ke kandang. Ayam Kate akan dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama, mahasiswa akan diperkenalkan dengan kegiatan-kegiatan perkandangan dengan tim khusus yang mempraktekkannya. Sesi kedua, mahasiswa ditantang untuk terjun langsung dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Tujuan acara ini yakni meningkatkan wawasan dan pengalaman langsung mahasiswa terhadap kegiatan-kegiatan kandang, sehingga mahasiswa terbiasa dengan kegiatan-kegiatan kandang.

Manfaat acara ini yakni memberikan wawasan mahasiswa baru terhadap kegiatan-kegiatan kandang bertambah dan mahasiswa terbiasa untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkandangan.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa baru aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan tantangan yang diberikan. Serta mahasiswa terbiasa untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkandangan.

Peranakan Ongole “Perjalanan Anak Peternakan Outbond ke Jonggol”

Kegiatan ini berupa kegiatan outbond yang akan dilaksanakan di jonggol. Kegiatan outbond akan diisi dengan games yang memiliki esensi terhadap enam nilai yang ingin ditanamkan, yakni Propulsion, Action, Solidarity, Profitation, Operation, Religion, Devoltion.

Tujuan acara ini yakni meningkatkan rasa solidaritas, kerja sama dan rasa kekeluagaan dari masing-masing kelompok. adapun manfaat acara ini yakni mahasiswa baru dapat meningkatkan rasa solidaritas, kerja sama dan rasa kekeluargaan dalam kelompoknya.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan terjalin hubungan yang semakin erat dalam satu angkatan.

Makan Besar

Kegiatan ini merupakan aplikasi dari kegiatan “Solidarity”. Kegiatan ini merupakan kegiatan memasak makanan dalam porsi besar secara bersama. Produk yang akan disajikan dalam kegiatan ini adalah produk-produk peternakan.

Tujuan acara ini yakni meningkatkan rasa solidaritas, kerja sama dan rasa kekeluagaan dari seluruh civitas fakultas peternakan, serta rasa cinta terhadap produk peternakan.

Manfaat acara ini yakni mahasiswa baru dapat meningkatakan rasa solidaritas, kerja sama, rasa kekeluargaan dan bangga terhadap produk peternakan.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni seluruh civitas Fakultas Peternakan dapat makan secara bersama-sama olahan produk peternakan yang dimasak bersama.

CGM (Cowboy Great Moment)

Kegiatan ini merupakan penampilan kreasi seni dari anak kandang (AK) yang telah terbagi menjadi tiga grup, yaitu grup Ternak Petelur, Ternak Pedaging, dan Ternak Perah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama MPF berlangsung dengan pembagian waktu penampilan satu hari untuk satu grup. Nilai yang ingin ditanamkan melalui kegiatan ini adalah Profitation dan Solidarity.

Tujuan acara ini yakni meningkatkan kreatifitas, dan menanamkan kepada setiap grup bahwa kekompakan dalam suatu kelompok dapat mendatangkan keuntungan yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun kelompok.

Manfaat acara ini yakni membentuk mahasiswa peternakan yang prestatif, terutama di bidang seni dan mampu bekerjasama dalam meng-creat suatu pertunjukan.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa baru kreatif dan kompak dalam mengikuti setiap kegiatan dan meningkatnya minat terhadap bidang seni.

Sesi Keagamaan (Keputrian)

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjunjung nilai ”Religion” dalam diri setiap peserta khususnya bagi peserta putri, melalui sharing dan diskusi mengenai keagamaan masing-masing. Dimana setiap agama, ada pementor masing-masing. Kegiatan ini dilakukan ketika peserta putra yang beragam Islam, melakukan sholat Jumat.

Tujuan acara ini yakni menciptakan mahasiswa yang berkarakter dan agamis yaitu melandaskan semua kegiatan yang dialakukan atas nama wujud ibadah pada agamanya masing-masing.

Manfaat acara ini yakni mahasiswa lebih mendalami keagaamaannya masing-masing sehingga menjadikan mahasiswa lebih berkarakter dan selalu melakukan kegiatan yang berlandaskan keagamaan.

Indikator acara ini yakni Mahasiswa antusias dan semangat ketika sharing dan diskusi mengenai keagaamaan masing-masing.

Sensus “Senam Susu”


Kegiatan yang merupakan aplikasi dari “Profitation”, keuntungan yang bermanfaat. Mahasiswa akan melalukan gerakan senam ringan di hari kedua, yang dilakukan secara bersama-sama, dipimpin oleh seorang instruktur. Adapun setelah kegiatan senam selesai, mahasiswa akan diberi susu sebagai bentuk reward dalam keikutsertaan kegiatan senam.

Tujuan acara ini yakni membiasakan diri kepada mahasiswa untuk menjaga kondisi badan harus selalu dalam keadaan fit dan sehat termasuk mengikuti rangkaian acara sampai akhir, serta menanmkan kepada mahasiwa untuk terbiasa mengkonsumsi susu setiap harinya.

Manfaat acara ini yakni mahasiswa dapat menjaga kondisi tubuhnya selama mengikuti rangkaian acara MPF. Adapun Indikator Keberhasilan acara ini yakni mahasiswa antusias dengan penyelenggaran senam, dan mengikuti intruksi dari instruktur senam dengan baik.

AMT dan Evaluasi

Kegiatan ini merupakan salah satu evaluasi keberhasilan dalam menanamkannilai yang terangkum dalam “Paspor D” kepada peserta Meet Cowboy 50. Kegiatan ini lebih ditujukan pada kegiatan brain stroming kepada peserta, dengan tujuan nilai yang ditanamkan tersebut tidak hanya akan diaplikasikan selama tiga hari Masa Perkenalan Fakultas, melainkan mampu menjadi dasar nilai yang akan terus ditanam dalam kepribadian peserta.

Tujuan acara ini yakni mengetahui keberhasilan penanaman nilai yang terangkum dalam “Paspor D” kepada peserta Meet Cowboy 50. Adapun manfaat acara ini yakni panitia mampu mengevaluasi sistem yang digunakan dalam usaha penanaman nilai-nilai kepribadian yang terangkum dalam “Paspor D”.

Indikator Keberhasilan acara ini yakni peserta mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang ditanamkan, baik selama maupun setelah kegiatan MPF berlangsung. Panitia mampu mengevalusi kekurangan dan kelebihan sistem penanaman nilai yang dilaksanakan (Sumber : Livestock Review.com)