Suswono: Alumni IPB Pejabat Pertanian Indonesia

Menteri Pertanian (Mentan) RI merupakan sosok yang selalu menjadi dambaan dan panutan mahasiswa-mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain karena peranannya yang sangat berdampak di Indonesia, hal ini juga karena IPB dan sosok menteri ini memiliki kesamaan yakni konsentrasinya di bidang pertanian. Dr. Ir. H. Suswono, MMA, yang merupakan mantan Menteri Pertanian periode 2009-2014 adalah salah seorang alumni Fakultas Peternakan IPB yang berhasil mengaplikasikan ilmu yang didapatnya selama berkuliah di IPB hingga akhirnya Suswono dapat menjabat sebagai salah satu petinggi di bidang pertanian Republik Indonesia.

Suswono merupakan alumni dari Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan IPB angkatan 16 yang mendapat gelar sarjananya pada tahun 1984, selanjutnya dia meneruskan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis, dan kini Suswono telah menyelesaikan disertasinya S3 nya yang berjudul “Strategi Peningkatan Daya Saing Organisasi Logistik Pangan Nasional yang Berkelanjutan: Studi Kasus Bulog” yang juga diambilnya di program Doktoral Manajemen Bisnis IPB.

 

Pria kelahiran Tegal, 20 April  1959 ini memang terkenal dengan semangatnya untuk terus menghasilkan inovasi  untuk pertanian Indonesia. Sebagai sosok alumni, Suswono senantiasa mengingatkan mahasiswa-mahasiswa IPB agar menyiapkan diri untuk berkarya dan terus menghasilkan inovasi dalam mengembangkan pertanian dan peternakan Indonesia. Selama menjabat sebagai menteri, Suswono selalu berusaha menyelesaikan berbagai persoalan pertanian utamanya peternakan yang sedang dihadapi Indonesia, hal ini dilakukanuntuk mewujudkan visinya saat menjadi Menteri Pertanian yakni pertanian industrial unggul berkelanjutan yang berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan nilai tambah, daya saing ekspor dan kesejahteraan petani.

Sejak kecil, Suswono terkenal sebagai anak yang pintar, ini dapat dilihat dari prestasinya ketika bersekolah di mana dia juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai pelajar teladan semasa SMA dan menjadi lulusan terbaik Sepadya pada tahun 1987. Bagi Suswono, dunia pertanian bukanlah sesuatu yang asing. Suswono mengawali karir politiknya dengan bergabung di sebuah partai politik. Selain pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian, Suswono juga merupakan seorang politikus aktif yang concern di bidang pertanian.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Suswono pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 hingga tahun 2001. Pada tahun 2004, Suswono menjadi caleg dan maju ke bursa pemilihan umum, hingga akhirnya terpilih dan dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan. Pada tahun 2009, ketika presiden SBY melakukan reshuffle kabinetnya, Suswono terpilih untuk menggantikan Dr. Ir. H. Anton Apriyantono, MS yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertanian.(NRA-ipbmag.ipb.ac.id)



Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH