Statistik Pengunjung

Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini159
mod_vvisit_counterKemarin447
mod_vvisit_counterMinggu ini2479
mod_vvisit_counterBulan ini9713
mod_vvisit_counterTotal637808
Sejak 1 Januari 2009
Home arrow Kemahasiswaan arrow Badan Eksekutif Mahasiswa
Badan Eksekutif Mahasiswa

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
FAKULTAS PETERNAKAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Kabinet D’AERION
2012 - 2013

Image
 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (BEM-D) merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tertinggi di tingkat fakultas yang bergerak dalam bidang pergerakan prestatif, sosial, dan keilmuan. Dalam sejahrahnya, lembaga eksekutif ini awalnya bernama Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan (Sema-D). Seiring dengan dilaksanakannya KLB (Kongres Luar Biasa) di Cipayung tanggal 5-8 Oktober 1998 dengan salah satu keputusannya adalah perubahan struktur lembaga kemahasiswaan yang baru, maka terjadi perubahan struktur sekaligus nama dari Sema-D menjadi BEM-D. Perubahan ini diilhami semangat reformasi pada tahun 1998. BEM-D dipimpin oleh seorang Ketua Umum sebagai mandataris DPM. Proses pemilihan ketua BEM dipilih melalui mekanisme pemilihan umum, yang diberi nama Pemilihan Raya Fakultas atau lebih dikenal dengan PEMIRA Fakultas.

D’AERION merupakan nama kabinet BEM-D IPB periode 2012-2013. Nama kabinet diambil dari sebuah nama kuda mitologi Yunani, “AERION” yang memiliki sifat kelincahan dan cekatan dalam melakukan berbagai hal, serta memiliki jiwa yang  kuat dalam mengarungi kehidupan. Filosofi yang ada dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan berorganisasi dalam BEM-D IPB. Kabinet D’AERION dalam struktur kepengurusannya terdiri dari Wakil Ketua, Sekretaris I dan II, Bendahara I dan II, serta  7 Departemen dan 1 Biro.

Badan Pengurus Harian (BPH)
Ketua     : Hafidz Ilma Albana (IPTP 47)
Wakil Ketua    : Yanto Hardianto (INTP 47)
Sekretaris I     : Anandya Dara (INTP 47)
Sekretaris II     : Febrianti Indah M. (INTP 47)
Bendahara I     : Anita Rahman (IPTP 47)
Bendahara II    : Laras Shafa Fauziah (IPTP 47)

Program kerja BEM-D IPB ini dilaksanakan oleh departemen-departemen yang ada, diantaranya Departemen RPM-Eskternal, Departemen RPM-Internal, Departemen Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa, Departemen Budaya Olahraga dan Seni, Departemen Komunikasi dan Informasi, Departemen Politik Kajian dan Strategi, Departemen Bisnis dan Kemintraan, dan Biro Kajian Peternakan dan Advokasi. Program kerja yang dilakukan berlandaskan pada pengembangan minat bakat mahasiswa dan mengembangkan kehidupan bersosial.

Departemen Internal
Departemen yang berfokus pada kaderisasi,  berfungsi untuk membangun kesolidan pengurus BEM-D, membentuk sistem pola pembinaan yang mapan dan sesuai guna peningkatan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia di Fakultas Peternakan baik pengurus BEM-D maupun mahasiswa FAPET, serta meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa melalui program kerja yang dicanangkan secara tersistem.
Ketua     : Susi Hasrat Alfisyah (INTP 47)
Sekretaris     : Riandhini  (INTP 47)
Bendahara     : Fadlah Nurussilmah (INTP 48)
Staff    : Muhammad Ansori (IPTP 48)
              M. Faisal N. (IPTP 47)
              Gilang Sastrawijaya (INTP 48)

Departemen Eksternal
Eksternal merupakan salah satu departemen BEM Fakultas Peternakan D'Aerion yang melingkupi pengembangan dan peningkatan kualitas SDM civitas Fapet secara khusus. Dalam praktiknya, eksternal memfasilitasi agar masing-masing individu mengembangkan karakter berdasarkan pendekatan potensi. Departemen Eksternal memiliki beberapa program kerja, baik RKAT maupun non-RKAT untuk menunjang tujuan departemen ini diadakan.
Ketua     : Amalia Ikhwanti (INTP 47)
Sekretaris     : Octaviana (INTP 48)
Bendahara     : Agustin Herliatika (INTP 48)
Staff    : Wahyu Eko Wibisono (IPTP 48)
              Budi Wardiman (INTP 47)
              Lely Kurniawati (INTP 48)

Departemen Politik Kajian Strategi (Polkastra)
Departemen Politik Kajian Strategi merupakan departemen yang menangani permasalahan seputar politik baik dalam ranah global maupun politik yang menyangkut bidang peternakan. Tugas departemen ini adalah mengkaji isu-isu politik tersebut dan menemukan strategi sebagai solusi dari permasalahan terkait. Selain bertindak sebagai eksekutor dalam bidang politik di Fakultas Peternakan IPB, Departemen Politik Kajian Strategi juga bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB dalam menyalurkan aspirasi advokasi mahasiswa Fakultas Peternakan IPB. Departemen ini membawahi Biro Kapet AD yang bertugas mengkaji isu khusus dalam bidang peternakan.
Ketua     : Dian Septy Andhini  (INTP 47)
Sekretaris     : Anisa Galuh Farahdiba (INTP 48)
Bendahara     : Bia Rilma Hijjanty (INTP 48)
Staff    : Saeful Anshor (INTP 48)
              Andika Gilang Maulana (IPTP 48)

Biro Kajian Peternakan Advokasi (Kapet AD)
Biro Kapet AD merupakan Biro dari Departemen Polkastra yang memiliki fungsi khusus untuk mengkaji dan menanggapi isu-isu peternakan yang ada saat ini serta sebagai sarana advokasi mahasiswa khususnya mahasiswa peternakan
Ketua     : Egha Jaka Utama (IPTP 47)
Sekretaris     : Bonita Gustin Tumanggor (INTP 48)
Bendahara     : Nolin Ermawati (INTP 48)
Staff    : Mujahid Al Fikri (IPTP 47)

Departemen Sosial Kesejahteraan Mahasiswa (Soskemah)
Departemen Sosial dan Kesejahteraan Mahasiswa merupakan salah satu Departemen dalam organisasi BEM D’Aerion yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial, baik untuk mahasiswa seperti donor darah maupun untuk masyarakat seperti bina desa. Tujuan utama departemen Soskemah yaitu membentuk kesadaran sosial di kalangan civitas akademika Fapet IPB, dan mempererat tali siraturahmi antara mahasiswa dan masyarakat.
Ketua     : Angga Bagus P. (IPTP 47)
Sekretaris     : Nida Fitria (IPTP 48)
Bendahara     : Hany Zetira (INTP 48)
Staff    : Ossy Rama (INTP 48)
              Ninin Choirun Nisa (IPTP 48)
              Ferian Amri (INTP 48)
              Cindi Septia (INTP 47)

Departemen Budaya Olahraga dan Seni (BOS)
Departemen Budaya Olahraga dan Seni (BOS) bekerja di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Departemen BOS bergerak dalam bidang olahraga dan kesenian sehingga dapat terbentuknya mahasiswa yang sehat dan memiliki kreatifitas yang tinggi. Berikut ini adalah struktur kepengurusan Departemen BOS :
Ketua     : Leonardus K.D.B. (IPTP47)
Sekretaris     : Shabrina Dyah Wibayanti (INTP 48)
Bendahara     : Deti Inayatun N. (INTP 47)
Staff    : Rina Roslina (INTP 47)
              Fajar Sidiq (INTP 48)
              Eka Jatmika (INTP 48)

Departemen Bisnis dan Kemitraan (BK)

Departemen bisnis dan kemitraan merupakan salah satu departemen  dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB  periode 2012-2013. Departemen ini merupakan departemen baru yang mengusung perubahan dalam struktural kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan. Departemen ini membawa misi untuk menciptakan jaringan kemitraan dan menyediakan wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa entrepreneur.
Ketua     : Sindi Fatonah  (INTP 47)
Sekretaris     : Gressy (INTP 48)
Bendahara     : Ajeng Rukmini A.T.P. (INTP 47)
Staff    : Nurkholis (INTP 48)
              Ika Nurkamilah  (IPTP 48)

Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo)

Departemen Komunikasi dan Informasi Badan Eksekutif Mahasiswa Peternakan (BEM-D) merupakan badan yang memiliki kewenangan serta kewajiban dalam menjalankan program kerja (Proker) yang bersangkutan mengenai komunikasi serta arus informasi yang masuk dan keluar Fakultas Peternakan, khususnya untuk mahasiswa Fakultas Peternakan agar mendapatkan keterkinian informasi kampus dan lebih luasnya mengenai bidang akademik untuk mendukung prestasi dan kompetensi mahasiswa. Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tidak hanya menjalankan program kerja BEM-D saja, tetapi juga memiliki program kerja bersama, yaitu program kerja yang dijalankan oleh seluruh Departemen Kominfo setiap fakultas di IPB, misalnya pembaruan website sebagai pusat informasi event tingkat IPB, nasional dan internasional yang diselengggarakan oleh seluruh LK IPB.
Ketua     : Fredy Fender (IPTP 47)
Sekretaris     : Atika Rahmayanti Noorzhaff (INTP 48)
Bendahara     : Muthmainati Asyifa (INTP 48)
Staff    : M. Irfan Fadillah (IPTP 47)
              Vinny Puteri Suartin (IPTP 47)
 
© 2008, Fakultas Peternakan IPB
Jalan Agatis Kampus IPB Dramaga Bogor - 16680
Telp. (0251) 8622841, 8622811, 8622812
Fax. (0251) 8622842
 
This site best viewed at 1024x768 resolution
in all browser