Statistik Pengunjung

Jumlah Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini383
mod_vvisit_counterKemarin443
mod_vvisit_counterMinggu ini1926
mod_vvisit_counterBulan ini9820
mod_vvisit_counterTotal650044
Sejak 1 Januari 2009
Home arrow Bagian : arrow IPT Unggas
Bagian IPT Unggas PDF

Bagian Ilmu Produksi Ternak Unggas

ImageImageImage


Latar Belakang

Pada waktu Institut Pertanian Bogor (IPB) belum didirikan, Bagian Unggas bernaung di bawah Departemen Produksi Ternak, Lembaga Peternakan, Fakultas Kedokteran Hewan dan Pertanian, Universitas Indonesia. Sejak tahun 1963 (tahun pendirian IPB), Fakultas Peternakan adalah merupakan salah satu fakultas yang bernaung di bawahnya, dan bagian unggas secara otomatis ada dengan nama Bagian Ilmu Ternak Unggas.

Pada saat ini, Bagian Ilmu Produksi Ternak Unggas (BIPTU), merupakan salah satu dari tujuh Bagian yang bernaung di bawah Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.

Ruang lingkup cakupan kegiatan Bagian IPTU, meliputi seluruh aktivitas pada peternakan unggas dari hulu sampai hilir, yaitu menyangkut produksi ternak unggas hingga pengolahan produknya. Ternak unggas pun berkembang, tidak hanya ayam (ras petelur dan pedaging), tetapi juga itik, puyuh, burung merpati, ayam kampung, persilangan itik yang dikenal dengan Mandalung dan persilangan ayam Merawang dan ayam Pelung.

Fungsi dan Tujuan

Pada saat ini, Bagian IPTU mengasuh enam mata ajaran pada program sarjana (S1) dan tujuh mata ajaran pada program Pascasarjana (S2/S3). Penyelesaian studi mahasiswa pada Fakultas Peternakan IPB dilakukan melalui  penelitian (S1, S2, S3) dibawah bimbingan staf pengajar yang ada di Bagian IPTU. Bagian IPT Unggas mempunyai tujuan melayani, merancang pengembangan dan melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan memanfaatkan fasilitas (SDM dan SDA) yang ada di Bagian IPT Unggas.

Penelitian

Jumlah penelitian yang di lakukan Staf Bagian IPTU selama 5 tahun terakhir berjumlah 28 judul, dengan rataan setiap Staf melakukan 5-6 kegiatan/judul atau setiap Staf setiap tahun melakukan 1 kegiatan penelitian. Penelitian yang dilakukan meliputi aspek teknik-teknik budidaya 43% (12 judul), pasca panen 39% (11 judul) dan perkembangbiakan/reproduksi sebanyak 18% ( 5 judul Penelitian ). Jenis ternak unggas yang digunakan dalam penelitian meliputi Ayam Kampung 12 judul (43%), Unggas air 9 judul (32%) terdiri dari : Itik (11%) dan Mandalung (21%), Ayam pedaging 6 judul (21%) dan Ayam petelur ras sebanyak 1 judul (4%). Semua penelitian termasuk kelompok/jenis terapan dengan sumber dana yang dibiayai Pemerintah 2 judul (7 %), swasta 1 judul (4%) dan sisanya (89%) swadana.

Dari hasil penelitian di atas telah dipublikasikan sebanyak 58 judul yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah tingkat Nasional 35 judul (60%), International 9 judul (16%) dan modul/buku 14 judul (24%). Dari sejumlah publikasi selama 5 th tersebut rataan setiap Staf Pengajar mempunyai 11-12 judul publikasi atau 2-3 judul per orang pertahun.

Pengabdian Pada Masyarakat

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan Staf Bagian IPTU meliputi kegiatan dalam bentuk Penyuluhan, Pelatihan dan Pembinaan/Magang. Kegiatan tersebut dilakukan selama 5 tahun terakhir pada Perusahaan-perusahaan dan RPA swasta, Peternak rakyat dan Masyarakat serta Institusi IPB dalam aktifitas IPB Open House.

Bidang Penelitian

  1. Budidaya Unggas
  2. Pengolahan hasil unggas
  3. Peningkatan mutu hasil ternak unggas

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki Bagian Ilmu Ternak Unggas meliputi Laboratorium Pengolahan Penetasan dengan luas 40 m2, Laboratorium Pengolahan Hasil Unggas dengan luas total 40 m2 dan Laboratorium lapangan (Kandang). Laboratorium lapangan terdiri atas kandang bebek, ayam broiler dan ayam petelur dengan ukuran 3 m x 3 m; kandang tertutup (AC); kandang tertutup (panas) dan kandang komersial 2 buah,  dengan ukuran 52 m x 7 m serta satu buah kandang ukuran 40m x 7,5 m. Selain itu juga, Bagian IPTU dilengkapi dengan berbagai peralatan penunjang dan beberapa ternak untuk praktikum dan penelitian, diantaranya  :  Autoclave, Oven Memmert, Vacum Packing Machine, Semi Automatic Can Seamer, Chicken, Picker 28779 N, Cooling Pad, Fire Extinguisher (VCA -10 L), Food Processor HF 60 P, Steamer Fryer, Multi Use Mincer, Gunting tulang, Micrometer dan Egg Quality Slide Rule.

Staf

Bagian IPT Unggas memiliki:
1 Orang Profesor Emerita, 1 Orang Profesor , 1 Doktor, 2 Master, 1 Sarjana dan 2 Ahli Madya

Jasa Layanan

  • Penetasan dengan Mesin Tetas Kapasitas Besar untuk Penetasan Peternakan
  • Kandang Komersial untuk Ayam Broiler dengan Kapasitas 10.000 ekor
  • Pelatihan Budidaya dan Pengolahan hasil Unggas
  • Analisis Budidaya Ternak Unggas
  • Penelitian Budidaya dan Pengolahan hasil Unggas
  • Konsultasi Budidaya Unggas
 
© 2008, Fakultas Peternakan IPB
Jalan Agatis Kampus IPB Dramaga Bogor - 16680
Telp. (0251) 8622841, 8622811, 8622812
Fax. (0251) 8622842
 
This site best viewed at 1024x768 resolution
in all browser