Pascasarjana

Kuliah Pascasarjana ?
Fapet IPB tempat yang tepat

Departemen IPTP

Producing Professionals
in Livestock Industry

Departemen INTP

Better Feed for Better
Animal Product

 

Pendaftaran

Universitas Berkelas Dunia, Berkualitas, dan Terakreditasi Internasional

Pascasarjana Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (S2&S3)

Pascasarjana Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

 

Pendahuluan

Ketergantungan terhadap impor produk pangan asal ternak dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan terbatasnya produksi dalam negeri. Untuk mengatasi permasalahan peternakan yang kompleks tersebut memerlukan sumberdaya manusia berkualitas di bidang peternakan khususnya dalam bidang ilmu produksi dan teknologi peternakan. Peningkatan sumberdaya manusia melalui pendidikan pascasarjana S2/S3 program Mayor Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, merupakan program terstruktur yang meliputi sistem perkuliahan dengan minat utama Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan  serta minat pilihan Ilmu Produksi Ternak dan Ilmu Pemuliaan dan Genetika Ternak.

Mayor

Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

Kemampuan Lulusan Magister (S2)


 

  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
    Learning Outcome :
    1. LEARNING OUTCOME (LO) S2 1. Menguasai teori ilmu ternak yang mendukung kemampuan untuk menyelenggarakan usaha pembibitan ternak, usaha produksi ternak dan industri pengolahan hasil peternakan. 2. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuaanya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji;
  • Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner
    Learning Outcome :
    1. Mampu memecahkan permasalahan sain, teknologi dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendektan inter atau multidisipliner;
  • Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

 

Kemampuan Lulusan Doktor (S3)


 

  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
    Learning Outcome :
    1. 1. Menguasai filsafat ilmu, menemukan, mengembangkan dan memutakhirkan ilmu dalam meningkatkan efesiensi, produktivitas dan daya saing usaha pembibitan ternak, produksi ternak dan industri pengolahan hasil peternakan. 2. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuaanya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orginal dan teruji; 3. Mampu memecahkan permasalahan sain, teknologi dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendektan inter, multi atau transdisipliner; 4. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
      1. Mata kuliah ini membahas konsep dan aplikasi genetika ekologi dimana stress dalam bentuk ekstrim sangat berperan dalam terbentuknya resistensi. Mekanisme dan renspons terhadap stress dibahas mulai tingkat molekuler sampai di tingkat fenotipik. Konsep lingkungan yang tidak pernah stabil melahirkan konsep kelenturan fenotipik sebagai salah satu bentu respons terhadap stress. Pemdalaman materi juga meliputi bagaimana merancang teknik konservasi untuk memeprsiapkan spesies-spesies agar dapat bisa bertahan dalam menghadapi perubuahan lingkungan.
  • Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner
    Learning Outcome :
    1. 2. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuaanya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, orginal dan teruji;
  • Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional
    Learning Outcome :
    1. 3. Mampu memecahkan permasalahan sain, teknologi dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendektan inter, multi atau transdisipliner; 4. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.

Tujuan Pendidikan.

Program Mayor Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan ini bertujuan untuk memberikan landasan teoritis maupun terapan lanjutan  bagi para lulusan untuk dapat berperan secara mandiri dalam mengembangkan IPTEK bidang peternakan yang ramah lingkungan melalui penelitian. Disamping itu para lulusan juga diharapkan mampu berperan dalam masyarakat dan dalam penyusunan rancangan pengembangan peternakan berkelanjutan. Program mayor ini juga memberikan metode penyelesaian masalah-masalah  bidang produksi dan teknologi hasil peternakan melalui pendekatan interdisipliner.

Kurikulum

Kurikulum yang dikembangkan pada Program Pascasarjana DIPTP adalah kurikulum berbasis kompetensi dengan Sistem Mayor Minor dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Beban studi S2 sedikitnya 41 SKS yang terdiri atas 6 SKS mata kuliah wajib IPB, 23  SKS mata kuliah wajib mayor IPTP (termasuk Seminar, Kolokium, dan Tesis), serta 12 SKS pilihan mayor.
  2. Mata kuliah pilihan mayor terdiri atas 2 kelompok yaitu, Kelompok Ilmu Produksi Ternak dan Kelompok Ilmu Pemuliaan Ternak. Masing-masing kelompok terdiri atas 5 mata kuliah.

Penerimaan

Penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana dipusatkan di sekretariat sekolah pascasarjana IPB. Proses seleksi dilakukan dalam tiga tahap, yakni : (1) Pleno I Tingkat IPB; (2) Evaluasi di Tingkat Program Studi; dan (3) Pleno II Tingkat IPB untuk mendapatkan keputusan dan pengesahan akhir.

Syarat-syarat minimum untuk dapat dipertimbangkan penerimaannya sebagai mahasiswa dengan status biasa adalah sebagai berikut :
  1. Untuk Program Master. IPK Sarjana >= 2,75 pada skala penilaian 0-4 atau IPK >= 6,25 pada skala 0-10, dari program studi yang terakreditasi B
  2. Untuk Program Doktor, IPK Master >= 3.50. Para pemegang gelar MMA dapat dipertimbangkan untuk menempuh Program Doktor (Sains, by Courses) apabila berakreditasi A dan mengikuti masa matrikulasi dengan beban studi 9 sks dan tidak dihitung dalam beban studi S3.
Dengan pertimbangan tertentu, maka pelamar yang memiliki IPK kurang dari nilai yang ditentukan dapat diterima dengan Status percobaan. Sebagai dasar pertimbangan adalah pelamar yang memiliki kemampuan cemerlang selama bekerja di bidang pekerjaannya, memiliki karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi, serta ditunjang dengan proposal penelitian yang berkualitas.
 
untuk mendaftar secara online : http://pmbpasca.ipb.ac.id/id/

Staf Pengajar

Afton Atabany, Dr. Ir. M.Si
Asnath Maria Fuah, Prof. Dr. Ir. M.S.
Bagus Priyo Purwanto, Dr. Ir. M.Agr
Cahyo Budiman, Dr (Eng), S.Pt. M.Sc.(Eng).
Cece Sumantri, Prof. Dr. Ir. M.Agr.Sc.
Epi Taufik, PhD, S.Pt. M.Si. MV.Sc.
Henny Nuraini, Dr. Ir. M.Si.
Iman Rahayu H. Soesanto, Prof. Dr. Ir. M.S.
Irma Isnafia Arief, Prof. Dr. S.Pt. M.Si
Jakaria, Prof. Dr. S.Pt., M.Si.
Muladno, Prof. Dr. Ir. M.S.A.
Peni S. Hardjosworo, Prof. Em. Dr. dra. M.Sc.
Pollung H. Siagian, Prof. Dr. Ir. M.S.
Ronny Rachman Noor, Prof Dr. Ir. M.Rur.Sc.
Rudi Afnan, Dr. S.Pt., M.Sc.Agr.
Rudy Priyanto, Prof. Dr. Ir.
Rukmiasih, Dr. Ir. M.Si
Salundik, Dr. Ir. M.Si.
Sri Darwati, Dr. Ir. M.Si
Tuti Suryati, Dr, S.Pt., M.Si
Asep Gunawan, Prof. Dr agr, S.Pt. M.Sc

Mata Kuliah

Mata kuliah yang ditawarkan dan silabus lengkap dapat dilihat pada website:
Program S2
: Kurikulum Magister
Program S3: Kurikulum Doktoral

 

Informasi Lengkap
Program Pascasarjana Mayor Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan
Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan
Sekretariat :
Jl. Agatis Kampus IPB Dramaga Bogor 16680
Telp/Faks (0251) 8628379, 8626024


Lihat Semua Berita >>

TIPS & INFOGRAFIS

bluehost complaints

Sosok

Suswono

Suswono


Menteri Pertanian (Mentan) RI merupakan sosok yang selalu menjadi dambaan dan panutan mahasiswa-mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain karena peranannya yang sangat berdampak di Indonesia, hal ini juga karena IPB dan sosok menteri ini memiliki kesamaan yakni konsentrasinya di bidang pertanian. Dr. Ir. H. Suswono, MMA, yang .... readmore..

Inovasi

Indigofeed

Indigofeed


Produk pakan ternak Indigofeed ini memiliki kelebihan daripada pakan ternak kambing kebanyakan. Pertama, harganya yang cukup hemat sehingga peternak yang sebagian besar masih terkendala biaya bisa sedikit bernapas lega dan meraih untung yang lebih tinggi .... readmore..