Daging Terbaik dari Gen Terbaik

Seleksi Cepat dan Akurat Sifat Kualitas Daging pada Sapi Bali Menggunakan Penanda Molekuler Gen Stearoyl-Coa Desaturase (SCD) dan Gen Calpastatin (CAST)

 

Deskripsi Singkat


Sapi bali (Bos sondaicus) merupakan sumber daya genetik sapi asli Indonesia penghasil daging sapi berkualitas. Gen stearoyl-coa desaturase (SCD) dan gen calpastatin (CAST) pada sapi ini mengendalikan beberapa karakteristik penting dari kualitas daging. Untuk itu penanda (marker) kedua gen di atas perlu dijadikan sebagai ukuran pada seleksi bibit sapi. 
 
Dengan penanda molekuler berbasis gen SCD (SNP g.10428C>T) dan CAST|Alu-I sebagai metode seleksi, dapat ditentukan kualitas daging yang mencakup skor persebaran lemak (marbling), persentase marbling, tebal lemak punggung, dan tebal daging longissimus dorsi. Selain dapat menghemat waktu dan biaya, seleksi ini lebih akurat dibanding metode seleksi secara fenotipe konvensional, karena identifikasi bibit sapi dapat dilakukan tanpa harus menunggu sapi menjadi dewasa.
 
Perspektif

Untuk menghasilkan kualitas terbaik dari produk-produk peternakan, identifikasi genetik dalam pemuliaan bibit ternak, akan semakin berperan penting di masa mendatang.

Keunggulan Inovasi:

• Mampu mempercepat waktu dan biaya pada seleksi bibit sapi unggul
• Penentuan kualitas daging lebih akurat dibanding cara konvensional

Potensi Aplikasi:

-

Innovator:

Tim Inovasi

Jakaria; Alwiyah; Roaslein Putri; Rudy Priyanto; Henny Nuraini; Asep Gunawan; Paskah Partogi Agung; Muhammad Fachrul Ulum; Maskur

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Inovasi Gd. Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 Jawa Barat

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif

 

 



Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH