Zona Integritas
Fakultas Peternakan IPB
Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Pelaporan Gratifikasi Fapet Wistleblowing SystemPiagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas
Maklumat
Pada hari ini, Kamis, tanggal dua puluh delapan, bulan Desember, tahun dua ribu dua puluh puluh tiga, kami selaku Dekan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor mencanangkan pembangunan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Bogor, 28 Desember 2023
Dekan Fakultas Peternakan IPB
Maklumat Pelayanan
Kami siap memberikan layanan sesuai standar yang telah ditetapkan, melakukan perbaikan secara rutin, dan apabila kami tidak memenuhi standar pelayanan yang berlaku, kami siap menerima sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
Bogor, 2 Desember 2024
Dekan Fakultas Peternakan IPB
Prakata
Zona Integritas Fakultas Peternakan
Zona Integritas Fakultas Peternakan dicanangkan Pada hari Kamis, tanggal 28 Desember tahun 2023, oleh Dekan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Tujuan Zona Integritas Adalah
- Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi
- Menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan efisien
- Mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme
- Meningkatkan kualitas pelayanan publik
- Mengubah budaya kerja menjadi budaya yang mengedepankan integritas, sinergi, dan pelayanan yang baik
Maklumat
Pada hari ini, Kamis, tanggal dua puluh delapan, bulan Desember, tahun dua ribu dua puluh puluh tiga, kami selaku Dekan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor mencanangkan pembangunan Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
Area Perubahan
- Area 1 – Manajemen Perubahan
- Area 2 – Penataan Tata Laksana
- Area 3 – Penataan Sistem Manajemen SDM
- Area 4 – Penguatan Akuntabilitas Kinerja
- Area 5 – Penguatan Pengawasan
- Area 6 – Penguatan Kualitas Pelayanan Publik
Program Kerja
- Menyusun rencana kerja pembangunan ZI yang berisi target, rencana kegiatan, waktu, dan hasil yang ingin dicapai
- Melakukan sosialisasi pembangunan ZI kepada pegawai dan mitra kerja
- Melakukan pernyataan komitmen integritas
- Memilih agen perubahan sesuai dengan pedoman yang berlaku
- Menetapkan program kerja agen perubahan
- Menginventarisir agenda pembangunan budaya kerja dan pola pikir yang sudah berjalan
- Menginventarisir dan mengarsipkan notulen rapat pembangunan ZI
- Melaksanakan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
- Mempublikasikan hasil survey kepuasan masyarakat secara terbuka
- Menindaklanjuti hasil survey kepuasan masyarakat
Target Pencapaian
Manajemen Perubahan
- Meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pegawai unit kerja;
- Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja pada unit kerja; dan
- Menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan.
Penataan Tatalaksana
- Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen Perguruan Tinggi;
- Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen Perguruan Tinggi; dan
- Meningkatnya kinerja di Zona Integritas.
Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
- Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM aparatur;
- Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM aparatur;
- Meningkatnya disiplin SDM aparatur;
- Meningkatnya efektivitas manajemen SDM aparatur; dan
- Meningkatnya profesionalisme SDM aparatur.
Penguatan Akuntabilitas Kinerja
- Meningkatnya kinerja Perguruan Tinggi; dan
- Meningkatnya akuntabilitas Perguruan Tinggi.
Penguatan Pengawasan
- Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara;
- Meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan negara;
- Meningkatnya status opini BPK terhadap pengelolaan keuangan negara; dan
- Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
- Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, murah, aman, dan mudah dijangkau);
- Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan internasional pada Perguruan Tinggi; dan
- Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh Perguruan Tinggi.
Area Perubahan
Proses pembangunan Zona Integritas difokuskan pada 6 (enam) area perubahan komponen pengungkit dengan masing-masing target pencapaian sebagai berikut :
Manajemen perubahan bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir (mind set), serta budaya kerja (culture set) individu pada unit kerja yang dibangun, menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan Zona Integritas.
Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur pada Zona Integritas menuju WBK/WBBM
Penataan sistem manajemen SDM aparatur bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM aparatur pada Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.
Akuntabilitas kinerja adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/ kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi. Area ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam menuju Zona Integritas.
Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN pada masing-masing instansi pemerintah.
Peningkatan kualitas pelayanan publik dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik
Contact
Fakultas Peternakan IPB
Jl. Agatis Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680 Jawa Barat, Indonesia
Phone: 0251-8622841, 8622812, Fax: 0251-8622842
fapetipb14@gmail.com, fapet@apps.ipb.ac.id
Social
Copyright © 2024 Fapet IPB