Peresmian Teaching Industry Broiler Closed House hibah dari PT. Charoen Phokpand Indonesia untuk Fakultas Peternakan IPB University

Pada hari Rabu tanggal 29 September 2021 bertempat di Laboratorium Lapang Blok B Fakultas Peternakan IPB diselenggarakan acara Peresmian Teaching Industry Broiler Closed House yang merupakan hibah dari PT. Charoen Pokphand Indonesia (PT CPI).

Acara ini diresmikan Presiden Komisaris PT CPI, Bpk Hadi Gunawan Tjoe, Presiden Direktur PT CPI, Bpk. Tjiu Thomas Effendy, Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, SP, MSi. Kegiatan tersebut juga dihadiri para Wakil Rektor, Sekretaris Institut, Dekan, Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni, Direktur Sarana, Prasarana dan pengamanan Lingkungan IPB, serta Ketua Senat fakultas, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Departemen di lingkungan Fakultas Peternakan IPB. Selain itu, jajaran pimpinan dari PT. Charoen Pokphand dan Charoen Pokphand Foundation Indonesia serta PT Multi Sarana Pakanindo juga hadir pada acara tersebut.

Pada acara peresmian ini diawali dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hibah Closed House oleh Direktur CPI, p. Eddy Dharmawan dan Dekan Fakultas Peternakan IPB, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.ScAgr. Setelah itu dilanjutkan dengan Penanda tanganan Prasasti Peresmian Closed House oleh Presiden Komisaris PT. CPI dan Rektor IPB University

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Ir. Idat Galih Permana, MSc menyampaikan laporan perihal pembangunan closed house yang merupakan hibah ke-2 dari Charoend Pokphand ini. “Closed House ini telah menerapkan teknologi terkini dengan kapasitas 20.000 ekor dan dilengkapi dengan berbagai macam sistem” jelasnya. Ke depannya closed house ini akan menerapkan IOT dan membangun riset khusus yaitu closed house station yang posisinya berada di sebelah closed house sehingga tidak mengganggu dalam proses produksi. Beliau juga menambahkan bahwa kemendikbud melaunching program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang berkorelasi dengan pembangunan closed house “Mahasiswa bisa magang di teaching farm ini, bukan hanya mahasiswa IPB tapi untuk mahasiswa lain, untuk meningkatkan pembelajaran ternak unggas dan nutrisi unggas”

Pada sambutannya, Presiden Komisaris PT CPI, Bapak Hadi Gunawan juga menyampaikan awal mula kerjasama antara CPI dan Fakultas Peternakan yang  sudah terjalin lebih dari 19 tahun dan hari ini diresmikan pengoperasian closed house teaching farm ke dua di IPB. Beliau berharap dengan bertambahnya closed house di IPB dapat menambah manfaat yang lebih baik untuk IPB, juga semakin menambah kesempatan mahasiswa Fakultas Peternakan dalam pembelajaran dan praktik hingga bermanfaat dan menguntungkan sehingga IPB dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang handal, berkarakter dan bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara. “Dengan adanya teching farm ini memungkinkan adanya transfer pengetahuan. Dengan teknologi closed house yang sedang dibutuhkan oleh industri, mahasiswa akan mendapat keilmuan budidaya, dengan teknologi yang diharapkan meningkatkan optimasi budidaya, closed house bertujuan agar budidaya dilakukan lebih efisien, produktif, lebih aman, serta memberikan kualitas hasil yang lebih baik” jelasnya.

Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Charoen Pokphand Indonesia atas hibah kandang closed house ini.  Keberadaan kandang broiler closed house diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam budidaya ayam broiler modern. “Kami berharap kerjasama ini berjalan dengan baik, berjalan dengan lancar dan saling memperkuat karena sekarang yang kita hadapi adalah era dimana kolaborasi menjadi keniscayaan” ujarnya membuka sambutan. Beliau juga mengungkapkan mengenai peternakan in corporated, yaitu peternakan yang tidak bisa sendiri namun sinergi antara Perguruan Tinggi, Industri Peternakan, dan Pemerintah. (Femmy/SSI)