Akses Internet dan Sistem Informasi

Saat ini seluruh kampus IPB terkoneksi ke jaringan Local Area Network (LAN) dan Metropolitan Area Network (MAN) menggunakan kabel serat optik (FO). Sivitas akademika IPB dapat mengakses seluruh layanan IT baik dalam lingkup intranet maupun internet. Kecepatan transmisi data untuk akses intranet adalah 100-1000 Mbps, sedangkan akses internet adalah 1.310 Gbps. Sivitas akademika IPB dapat mengakses internet dengan memanfaatkan Wifi yang tersedia diberbagai lokasi seluruh kampus.

Untuk mendukung penyediaan software berlisensi, IPB bekerjasama dengan Microsoft dalam bentuk IPB-Microsoft Open Value Subscription for Education Solutions (IMOVSES). Sivitas akademika dapat menggunakan software keluaran Microsoft seperti Windows, MS Office, SQL Server, Visual Studio, dan produk lainnya.

Untuk mendukung administrasi akademik, IPB juga mengembangkan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik) terintegrasi yang dapat diakses mahasiswa untuk berbagai keperluan administrasi akademik misalnya KRS-online, EPBM (Evaluasi Proses Belajar Mengajar), jadwal kuliah, jadwal ujian dan lain sebagainya. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan sistem pembelajaran online dengan mengkases LMS (Lecture Management System) di alamat  http://lms.ipb.ac.id. Aplikasi yang juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah Google Apps (http://apps.ipb.ac.id) yang memiliki aplikasi  email, calender, drive, documents, sites dan google+. IPB juga menyediakan student blogs (http://student.ipb.ac.id) yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan blog mahasiswa. Seluruh aplikasi tersebut dapat diakses mahasiswa dengan menggunakan User-ID masing-masing.

Fasilitas lainnya yang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah fasilitas video conference dan Cyber Mahasiswa yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu:

  1. Cyber Mahasiswa Singkong (Manihot utilisima) untuk mahasiswa PPKU yang berlokasi di Gedung Perpustakaan Lt. 4 Darmaga dengan jumlah komputer sebanyak 150 unit.
  2. Cyber Mahasiswa Merpati (Streptophilia turtur) yang berlokasi di Grawida dengan jumlah komputer sebanyak ± 80 unit.
  3. Gedung Pusat Komputer (GPK) berlokasi di depan Gedung Perpustakaan Pusat dengan jumlah komputer +60 unit, dapat digunakan untuk berbagai pelatihan dan kegiatan video conference.


Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH