Perpustakaan IPB merupakan unit pengelola informasi ilmiah untuk mendukung program pendidikan, pengajaran, dan penelitian bagi sivitas akademika IPB dengan menyediakan berbagai layanan informasi ilmiah yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan IPB berupa berbagai jenis koleksi seperti buku, skripsi, tesis, disertasi, laporan, dan jurnal, baik  dalam bentuk cetak maupun elektronik seperti CD-ROM.  Perpustakaan IPB juga berlangganan jurnal elektronik, seperti The Essential Electronic Agricultural Library (TEEAL) yang berisi artikel artikel ilmiah fulltext, Online Database : Proquest, Science Direct, Ebsco, Infotrac dan Garba Rujukan Digital (Garuda). Koleksi tersebut bisa diakses secara cepat dan mudah melalui komputer Online Public Access Catalogue (OPAC) yang tersedia di perpustakaan sebanyak 18 komputer. Disamping itu berbagai koleksi tersebut juga bisa diakses melalui internet dengan homepage http://perpustakaan.ipb.ac.id yang dikenal dengan IPB Electronic Library (IEL).

Perpustakaan IPB menyediakan berbagai layanan, yaitu (1) sirkulasi; (2) penelusuran informasi; (3) layanan digital, (4) dan percetakan. Disamping itu juga menyediakan layanan fotokopi, scanning, CD burning, bimbingan  pembaca, konsultasi, pelatihan dan magang dalam bidang perpustakaan, serta pengelolaan informasi.  Disamping melayani penelusuran informasi secara elektronik, Perpustakaan IPB juga telah melakukan komputerisasi untuk berbagai kegiatan.  Diantaranya adalah pencatatan pengunjung perpustakaan, dan scanning barcode di bagian sirkulasi (pengembalian dan peminjaman buku), sehingga transaksi peminjaman akan tercatat di pangkalan data peminjaman buku.  Perpustakaan IPB memberikan layanan setiap hari kerja pada pukul 08.00-21.00, kecuali hari Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB.

 

Selain Perpustakan IPB, Fakultas Peternakan IPB juga memiliki Perpustakaan yang terletak di Gedung Fakultas Peternakan. Perpustakaan Fapet memiliki koleksi buku-buku penting penunjang pendidikan bagi civitas akademika Fakultas Peternakan,  baik versi indonesia maupun versi text book, di tambah buku-buku penunjang lain dan koleksi skripsi serta laporan magang.


Fasilitas perpustakaan Fakultas Peternakan IPB sangat nyaman untuk kegiatan membaca dan belajar, pelayanan pengelolaan perpustakaan terkomputerisasi (stand-alone) menggunakan Sistem Informasi Perpustakaan yang dapat mempermudah pencarian dan pengelolaan data perpustakaan. Perpustakaan dilengkapi lebih dari 300 judul buku teks (textbook)  baik berbahasa Indonesia maupun asing. Koleksi  lainnya terdiri dari jurnal, prosiding seminar, majalah ilmiah, skripsi (lebih dari 1400 judul), laporan magang (lebih dari 1200 judul), dan buku ilmu pengetahuan lainnya.

 



Lihat Semua Berita >>

Tips & Kegiatan Selama WFH