Kuliah Pembekalan KKNT Fapet Bahas Isu Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Fakultas Peternakan IPB University melaksanakan Kuliah Pembekalan KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) bagi seluruh mahasiswa semester 6 yang mengikuti program KKN  secara daring, (21/5).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Peternakan, IPB University Dr. Idat Galih Permana berharap pada tahun ini peserta bisa betul-betul tune in di lapangan. “KKN merupakan pendidikan di luar kampus (Program MBKM) dan kesempatan besar berinteraksi dengan masyarakat. Suasana KKN dihadapkan dengan masyarakat sesungguhnya, permasalahan real di lapangan. Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan program di masyarakat. Ekspektasi masyarakat sangat tinggi terhadap mahasiswa KKN” jelasnya.

Dekan Fapet juga mengungkapkan pada tahun ini khususnya dalam sektor peternakan, wabah PMK  (Penyakit Mulut dan Kuku) sudah menyebar dan menjadi concern kita sebagai insan peternakan. “Masyarakat saat ini masih panik, baik masyarakat umum maupun peternak. Bagaimana peran mahasiswa ketika ternak sakit, begitu pula dengan produk susu. Mahasiswa harus memahami bagaimana penyakit ini, jangan sampai karena takut PMK, jadi tidak mengkonsumsi produk ternak, tapi jangan abai juga” ujarnya. Lebih lanjut juga ia beresan kepada para mahasiswa untuk melakukan  kegiatan ini dengan senang dan bahagia dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat dan menjalankan program .

Dosen Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University,  Dr. drh. Sri Murtini, hadir sebagai narasumber dan memberikan kuliah mengenai pengetahuan tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dalam paparannya, Dr. Sri menjelaskan sangat penting bagi mahasiswa yang akan KKN untuk menenangkan masyarakat terutama peternak. Mahasiswa biasanya jadi tempat bertanya. “Penting untuk mahasiswa mendapat informasi yang tepat agar tidak terjadi distorsi berita. PMK menyebabkan kerugian ekonomi tidak hanya untuk peternak, tapi juga untuk petani (terkait pakan/rumput). Kerugian pada hewan langsung bisa berakibat menurunnya produktivitas, karena hewannya tidak mau makan” jelasnya.

Selanjutnya materi pertama seputar peternakan disampaikan oleh Dr. Epi Taufik, S.Pt, MVPH, M.Si. perihal aspek teknologi hasil ternak dan keamanan produk hasil ternak disaat wabah PMK “Hal terpenting untuk daging dan olahannya adalah harus selalu mengikuti instruksi penanganan. Daging dan produksi susu pasteurisasi dari hewan dengan PMK aman dikonsumsi” ungkap dosen di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi (IPTP) Fapet ini.

Selain seputar PMK, mahasiswa juga mendapat materi lain seputar peternakan yang tidak kalah menarik. Materi tersebut antara lain mengenai Penerapan Teknologi Pakan dan Nutrisi Ternak di Lokasi KKN oleh Prof. Asep Sudarman.  Selain itu ada juga materi mengenai Produksi dan Manajemen Pemeliharaan Ternak yang disampaikan oleh M. Baihaqi, M.Sc yang memberikan pencerahan kepada mahasiswa seputar hoax-hoax di masyarakat misalnya daging domba atau kambing mempunyai kolesterol yang tinggi serta menyebabkan darah tinggi.

Materi terakhir terkait laporan pelaksanaan KKN, menghadirkan Kabag IPB TV,  Dr. Dwi Retno Hapsari, SP, M.Si. mengenai Teknik Menulis Berita Populer. Materi disampaikan secara komunikatif dan interaktif kepada para mahasiswa peserta kuliah pembekalan. ‘’Saat ini berita banyak dikemas lebih ke aspek entertainment dan punya peluang di Fapet. Banyak sekali konten mengenai peternakan yang dari tayangan banyak mengadopsi dari media-media besar, setidaknya yang sering mengutip kita adalah Kompas” jelasnya. Secara pembahasan, Retno yang juga merupakan dosen di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB ini menyampaikan pengenalan pengertian berita populer, tips menulis, mendapat ide serta memilih foto. (Femmy)