Tingkatkan Kualitas Ternak, Departemen IPTP IPB University Gelar International Webinar Teknologi Multiomics

Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) Fakultas Peternakan IPB University menggelar International Webinar dengan tema ‘Multiomics Technologies for Genetic Improvement in Livestock’. 

“Kegiatan ini merupakan komitmen Departemen IPTP IPB University dalam menggabungkan teknologi dasar multiomics dalam sektor peternakan serta sebagai upaya mendorong kemajuan teknologi dan menghadapi berbagai tantangan dalam produksi ternak,” ujar Prof Irma Isnafia Arief, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Peternakan IPB University.

Ia mengatakan, teknologi omics memiliki potensi yang sangat menjanjikan dalam menjelajahi dan meningkatkan kemajuan sektor peternakan. Departemen IPTP IPB University bahan berupaya mengimplementasikan ilmu omics ke dalam dua kelas khusus bagi mahasiswa tingkat sarjana.

“Kelas tersebut untuk mengungkap prinsip omics dan aplikasinya sehingga lulusan dapat berfokus pada pengembangan teknologi omics dan bioteknologi yang dapat diaplikasikan di sektor produksi ternak,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi dua narasumber yang diundang yakni Asst Prof Autchara Kayan dari Kasetsart University dan Prof MD Aminul Islam dari Departemen Kedokteran Bangladesh Agricultural University yang sebelumnya pernah diundang dalam Summer Course Program. 

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dalam mengupas kompleksitas bidang molekuler dan manfaatnya yang juga sejalan dengan visi kami dalam mendorong kolaborasi multidisiplin secara internasional,” lanjut dia.

Dalam acara yang dihadiri oleh akademisi dan mahasiswa dari IPB University dan berbagai perguruan tinggi lain dari seluruh Indonesia ini, Asst Prof Autchara membahas terkait genomik dan epigenetik dalam produksi ternak. Sementara Prof MD Aminul membahas terkait pendekatan bioinformatika selama analisis multiomics (ipb.ac.id)