Fakultas Peternakan Raih 3 Penghargaan di Malam Penghargaan IPB University 2023

IPB University menggelar Malam Penghargaan IPB tahun 2023 pada (7/10). Acara yang diselenggarakan di Grha Widya Wisuda Kampus IPB Darmaga Bogor dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube IPB TV. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud apresiasi IPB kepada para Dosen, Tenaga Kependidikan,  Mahasiswa, Alumni, Unit Kerja dan peran Mitra atas dedikasinya dalam membangun IPB.

Dalam Malam Penghargaan IPB University 2023 ini Fakultas Peternakan IPB turut ambil bagian dalam acara tersebut dengan diraihnya beberapa penghargaan. Penghargaan pertama diterima oleh Prof. Luki Abdullah  sebagai Academic Leader Bidang Pertanian. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi dalam tridharma pendidikan tinggi dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang nyata. Prof. Luki Abdullah adalah adalah dosen dari Fakultas Peternakan dengan inovasi sorinfer, pakan ternak yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang dibuat dengan dua bahan utama yakni tanaman indigofera yang berperan sebagai sumber protein berdaya guna (high protein utility) serta sorgum yang berperan sebagai sumber energi mudah tersedia (readily available energy). Sorinfer menggunakan teknologi pengawetan fermentasi, sehingga dapat mengurangi cost produksi.

Penghargaan selanjutnya bidang penelitian dan publikasi diraih oleh Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP) Fapet sebagai Departemen dengan Kinerja Publikasi Terbaik.  Penilaian tersebut berdasarkan data SINTA score pada 3 tahun terakhir. Penghargaan dan ucapan selamat disampaikan oleh Rektor IPB Prof. Arif Satria kepada Ketua Departemen INTP Fapet Dr. Heri Ahmad Sukria.

Mitra dengan inovasi terbaik diberikan kepada PT. Prima Agrostis Nusantara (PAN), mitra Fakultas Peternakan dengan inventor Prof. Luki Abdullah untuk produksi sorinfer. Penghargaan yang diterima secara langsung oleh Komisaris PT. Prima Agrostis Nusantara,  Zoufikar Imani tersebut adalah karena PT. PAN memiliki produk yang merupakan hasil invensi IPB University dan binaan Science and Technopark (STP) IPB dengan kriteria usaha yang terus berjalan, omzet penjualan, jumlah tenaga kerja, legalitas usaha dan kemudahan memperoleh izin edar. (Femmy).