Mahasiswa Sekolah Pascasarjana IPB University Ini Mendapatkan Beasiswa Program Double Degree di Hokkaido University

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana IPB University Ini Mendapatkan Beasiswa Program Double Degree di Hokkaido UniversityMahasiswa program doktor dari program studi (Prodi) Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University, Rika Zahera, mendapatkan beasiswa program Double Degree (DD) di Course Biosciences, Animal Function and Nutrition Laboratory, Graduate School of Agriculture, Hokkaido University, Jepang dengan pembiayaan dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Salah satu syarat wajib untuk mendaftar beasiswa tersebut yakni dengan bukti kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara dua perguruan tinggi. Saat ini SPs IPB University memiliki kerjasama dengan Graduate School of Agriculture Hokkaido University, Jepang sehingga memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan beasiswa dari BPI.

Rika Zahera menjelaskan pengalaman mendaftar program double degree dengan melakukan entrance examination melalui online interview setelah mendapatkan persetujuan dan mendaftar sebagai mahasiswa Hokkaido University.

“Saya harus memastikan program beasiswa yang didapatkan ini dapat mencukupi biaya hidup selama studi di Hokkaido University serta mendapatkan persetujuan Prof Satoshi Koike sebagai supervisor saya di Hokkaido University yang memulai studi di bulan Oktober 2023,” jelasnya.

Rika Zahera menyampaikan harapannya agar dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan tepat waktu, terutama dalam pelaksanaan penelitian dengan dua topik yang berbeda dan syarat kelulusan baik di IPB University maupun Hokkaido University.

“Dengan mengikuti program DD ini dapat menambah pengalaman, baik dengan dosen maupun mahasiswa di Hokkaido University, sehingga dapat membangun peluang kolabarasi internasional nantinya, terutama di bidang riset dan akademik,” ujar Rika.

Selain itu, Rika Zahera memberikan pesan bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan program ini, yaitu perlunya melakukan perencanaan yang matang dan kerja keras, “Proses mendaftar beasiswa skema DD ini perlu komitmen yang kuat, mulai dari menentukan topik riset, melakukan kontak dengan calon supervisor, hingga akhirnya diterima sebagai calon mahasiswa DD,” tambahnya (ipb.ac.id)