Gelar Rabuan Bersama, Fakultas Peternakan IPB University Berikan Penghargaan Kepada Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menggelar kegiatan Rabuan Bersama sekaligus Penganugerahan Penghargaan untuk para Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik)  berprestasi (24/1) di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (JHH), Fapet IPB, Bogor. Dalam acara tersebut, sebanyak puluhan mahasiswa Fakultas Peternakan menerima berbagai kategori penghargaan dari lomba serta kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada para Dosen, Tendik, Ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) beserta jajarannya yang berada di lingkungan Fapet IPB University.

Dekan Fakultas Peternakan, Dr Idat Galih Permana dalam sambutannya menghaturkan apresiasi kepada seluruh civitas akademika Fapet IPB yang telah bersama-sama menyukseskan berbagai kegiatan dan program yang diselenggarakan di Fapet yang telah berkontribusi terhadap capaian-capaian kinerja IPB.

Capaian kinerja Fapet IPB juga disampaikan oleh Dekan di hadapan ratusan undangan. “Dalam 3 tahun terakhir setiap Perguruan Tinggi khususnnya PTN diminta untuk memenuhi kinerja melalui indikator kinerja utama. Melalui kemendikbudristek dikti setiap universitas dibebankan untuk memiliki kinerja termasuk kita yang berada di unit-unit dibawah Fakultas dan Departemen termasuk juga mahasiswa. suatu hal yang wajar dimana kita diminta untuk berprestasi, karena IKU ini mengcapture kita mulai dari proses input mahasiswa, kualitas mahasiswa, proses pembelajaran, kualitas dosen, kualitas riset termasuk juga akreditasi dan kerjasama dengan mitra”jelasnya.

Beberapa hal juga disampaikan terkait dengan semangat belajar mahasiswa Fapet dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang mengikuti program fast track. Untuk kerjasama, tiga prodi di Fapet selalu dilibatkan dalam kerjasama dan sampai tahun ini sudah ada 165 kerjasama tercatat di sistem informasi kerjasama IPB. Selain itu Fapet juga termasuk Fakultas yang sangat responsif terhadap model pembelajaran project based learning, bahkan tahun lalu kita termasuk fakultas terbanyak sehingga mendapatkan award oleh IPB. Tak hanya itu, akreditasi tahun ini 2 Prodi di Fapet yaitu TPT dan NTP mendapat akreditasi internasional dari ASIIN, yaitu lembaga akreditasi yang berkedudukan di Jerman dan mengakreditasi perguruan tinggi yang berbasis natural science, matematik dan juga engineering “Jadi untuk mahasiswa lulusan TPT dan NTP sudah setara dengan lulusan luar negeri yang sudah tersertifikasi maupun terakreditasi internasional”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut para Dosen Fapet mendapatkan apresiasi atas prestasi yang sudah ditorehkan. Para Dosen yang menerima penghargaan yaitu Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr untuk kategori Academic Leader Bidang Pertanian 2023 dari Kemendikbudristek RI Peringkat 1 serta Anugerah DIKTIRISTEK 2023 Bidang Ekonomi Hijau Sub Kategori Ketahanan Pangan dari Kemendikbudristek RI Peringkat 1. Dosen dengan Capaian Publikasi All Years diraih oleh Prof. Dr. Anuraga Jayanegara, S.Pt., M.Sc pada urutan ke-1, disusul oleh Prof. Dr. Ir. Cece Sumantri, M.Sc. pada urutan kedua serta Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan pada urutan ke 17.

Di tingkat Fakultas, penghargaan juga diberikan kepada dosen dengan EPBM tertinggi. Dosen IPTP dengan IPTP tertinggi yaitu Dr. Maria Ulfah, S.Pt, M.Sc.Agr, Dr. Tuti Suryati, S.Pt, M.Si dan Edit Lesa Aditia, S.Pt, M.Sc. Sedangkan dari Departemen INTP, dosen dengan EPBM tertinggi diraih oleh Prof. Dr. Ir. Nahrowi, M.Sc, Dr. Ir. Dwierra Evvyernie Amirroenas, MS, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Dewi Apri Astuti, MS.

Selanjutnya penghargaan diberikan kepada puluhan mahasiswa Fapet IPB, antara lain kategori Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Tingkat Fapet IPB yaitu Dwi Rabiatul Adawiyah. Kategori lain yaitu PKM masuk PIMNAS Fapet, mahasiswa penyumbang IKU 2 yang berprestasi di kompetisi nasional maupun internasional. Para Ketua Ormawa beserta jajarannya, tidak ketinggalan pula para dosen pembimbing PKM dan PPKO Ormawa Fapet turut diberikan penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt, M.Si.

Selain para dosen dan mahasiswa, Fapet IPB juga memberikan apresiasi kepada para tendik “Peran tendik dalam kelancaran proses belajar mengajar di Fapet sangat besar”ujar Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fapet Dr. Sri Suharti, S.Pt, M.Si yang menyerahkan penghargaan kepada para PLP, tenaga administrasi serta kebersihan dengan prestasi menonjol di lingkungan Fapet.

Acara rabuan ini juga dihadiri oleh Kepala LKST IPB Prof. Erika Budiarti Laconi, Ketua dan Sekretaris Senat Fapet. Para Ketua dan Sekretaris Departemen serta Kepala Divisi di lingkungan Fapet. (Femmy)