Asah Communication Skill, Himaproter IPB Gelar Pelatihan Public Relations

Kemampuan berkomunikasi disadari sebagai hal penting, tak saja bagi individu, tetapi juga bagi sebuah organisasi di dalam menjalankan perannya. Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (Himaproter) Fakultas Peternakan IPB termasuk yang menyadari hal tersebut.

Dipantik oleh kesadaran tersebut, pada Minggu (19/10) bertempat di Ruang Sidang Fakultas Peternakan IPB, Himaproter menggelar Pelatihan Public Relations bertajuk "Menumbuhkan Jiwa Profesionalisme di Bidang Human Relationship" dengan menghadirkan narasumber Ir. Lusi Fauzia, M.Ec (General Manager IPB International Convention Center/IICC yang juga Kasubdit Analisis Bisnis Direktorat Bisnis dan Kemitraan IPB) dan Siti Nuryati, STP (Redaktur Pariwara IPB). Acara dipandu oleh Bramada Winiar Putra, SPt (staf pengajar Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) sekaligus Pembina Himaproter).

Ir. Lusi Fauzia, M.Ec pada kesempatan tersebut mengurai pentingnya communication skill bagi para aktivis organisasi. "Individu sebagai bagian organisasi harus mampu menciptakan brand image positif buat organisasinya. Ketrampilan berkomunikasi adalah salah satu bekal untuk itu," tandasnya. Diingatkannya pula bahwa ketrampilan berkomunikasi bukanlah given. "Ia bisa dilatih. Banyak membaca, banyak bergaul, berdiskusi, bertemu banyak orang, merupakan proses untuk mengasahnya, " tandasnya.

Sementara itu Siti Nuryati yang saat itu mewakili Sekretaris Eksekutif IPB yang berhalangan hadir, lebih menekankan bagaimana Humas IPB mengemban fungsi public relations-nya IPB di bawah koordinasi Dr.Ir. Aceng Hidayat, MT. Dikatakannya, "Peran Humas IPB akan berjalan dengan baik dengan dukungan segenap sivitas IPB. Peran unit-unit kerja sangat diharapkan dalam berkontribusi sebagai bagian dari upaya mengangkat citra IPB. Ke depan, gugus kehumasan di setiap unit sangat diharapkan perannya."

Ketua Himaproter, Gunantiar Tomiandri (mahasiswa IPTP Angkatan 42) mengatakan, "Acara ini merupakan upaya untuk membekali pengurus Himaproter, terutama dalam mengasah kemampuan berkomunikasi, lebih khusus kemampuan bernegosiasi dalam rangka memajukan organisasi." (nUr)