Berbagi Tips Memilih Daging sehat

Irma Isnafia Arief, S.Pt.MSi. Dosen dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, berbagi ilmu bagaimana caranya memilih daging yang sehat menjelang hari raya idul fitri. Tips-tipsnya tersebut dibagi dalam acara Dialog Sore di RRI Bogor. (15/9). 

Dialog sore yang dipandu oleh Muklish dari RRI Bogor ini mendapat perhatian dari seorang pendengar di Cibinong, yang menanyakan bagaimana trik-trik memilih daging yang sehat. 

Tips cara memilih daging yang baik dan sehat, untuk daging sapi dapat dilihat dari warnanya harus merah cerah, tidak lembek dan harus kenyal. Sedangkan daging kerbau lebih keras dari daging sapi, memiliki warna merah bata dan seratnya lebih kasar. jelasnya 
Lebih lanjut ia mengungkapkan tentang daging gelonggongan yang dapat ditandai dengan banyak air yang keluar, tekstur lembek, ketika dipotong banyak air yang ada di permukaan daging keluar. Biasanya pedagang enggan menggantung daging dagangannya. 

Kandungan daging sehat terdiri dari protein, lemak, karbohidrat dan tidak tercemar bakteri patogen. Hal ini harus diperhatikan mulai dari Rumah Potong Hewan, dan untuk wilayah bogor Rumah Pemotongan Hewan di bubulak sudah jauh lebih baik. Tuturnya. 

Selain itu penyimpanan daging pun harus diperhatikan. Daging yang tidak habis dijual harus dimasukan ke dalam Freezer dengan suhu harus minus 20 0celcius khusus pedagang, Dengan kondisi ini kualitasnya akan tetap terjaga sampai 60 hari dan untuk kulkas skala rumah tangga yang minusnya antara 5-10 0celcius dapat menyimpan daging antara 1 hingga 2 minggu . Tinggal bagaimana caranya mengubah pemikiran masyarakat yang menganggap kualitas daging beku jelek. 

Diakhir dialog Irma Isnafia Arief. menyampaikan masyarakat jangan tergiur dengan harga daging yang lebih murah dari harga umumnya, justru kita harus menjadi pembeli yang cerdas dengan mengetahui karakteristik dari daging terlebih dahulu,". Tandasnya. (dh)