FAPET IPB Luncurkan Program BEST Batch 2

Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor ( Fapet-IPB) meluncurkan Program Building Entrepreneur Student (BEST) Batch 2, Sabtu (3/4) di Fapet Kampus IPB Darmaga. "BEST merupakan Unit Kewirausahaan dalam rangka menciptakan calon-calon pengusaha terdidik atau pengusaha muda pemula. Program BEST dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan, pengalaman berwirausaha serta mendorong tumbuhnya kreativitas dan motivasi mahasiswa yang berminat menjadi wirausahawan muda handal," papar Ketua Program BEST, Ir.Zulfikar Moesa, MS.

Program BEST ini menggunakan metode andragogi yaitu pelatihan bagi orang dewasa untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berdasarkan pengalaman. "Pelatihan lebih banyak studi kasus dan aplikasi, tidak sekedar teori semata, sehingga mudah dipahami dan dipraktekkan," kata Zulfikar. Metode pelatihan ini sudah diterapkan pada sekitar  3800 orang  yang bergerak di Usaha Kecil Menengah (UKM) dan menampakkan hasil menggembirakan.

Setiap angkatan  BEST diikuti 30 peserta. Tahun ini peserta tidak hanya berasal dari FAPET  IPB. Sebanyak 30 persen peserta berasal dari fakultas lain. Sementara di lingkup Fapet sebanyak 10 persen kursi diisi mahasiswa Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP), dan 60 persen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP -  FAPET IPB). Program BEST dilakukan dalam 8 kali pertemuan (8 minggu). Rangkaian Program BEST meliputi seleksi berdasarkan bakat dan kemampuan berwirausaha, pembekalan materi kiat-kiat berwirausaha, penyusunan business plan, presentasi business plan, magang, aplikasi business plan terbaik, konsultasi bisnisserta pendampingan usaha.  Materi-materi yang  disampaikan diantaranya manajemen usaha, keuangan, produksi, pemasaran, dan pembukuan.