Kaderisasi Organisasi di LK Fapet

Sebanyak 20 mahasiswa generasi baru Fakultas Peternakan (Fapet) IPB mengikuti kegiatan D'Clother 2011 (closing of D'Catra) dengan tema "Be Inspired for 47th Generation". Acara ini adalah puncak sekaligus penutupan dari serangkaian kegiatan kaderisasi lembaga kemahasiswaan (LK) Fapet IPB yang dikoordinatori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fapet IPB, Minggu 11 Desember 2011.

"BEM Fapet memiliki program kaderisasi dinamakan D'Catra ", ujar Ketua Departemen Riset Pengembangan Mahasiswa (RPM) Internal BEM Fapet IPB, Winda. Menurutnya, D'Catra sebagai wadah untuk membentuk jiwa kepemimpinan, etika, kerja sama tim, kemandirian, pergerakan mahasiswa, dan kemampuan organisasi di LK Fapet IPB. Melalui program ini diharapkan akan terbentuk generasi penerus yang berpotensi dalam menghidupkan LK Fapet IPB.

Image

D'Clother dilaksanakan di Lapangan Rektorat IPB kemudian dilanjutkan ke LK-D area Fapet IPB yang berlangsung mulai pukul 08.00-16.30 WIB. Acara ini diisi dengan outbound dan diskusi menarik. Kurang lebih 15 mahasiswa generasi lama turut meramaikan kegiatan ini dan berbagi pengalamannya selama  berorganisasi di LK Fapet IPB.

Pria Sembada, mantan ketua BEM Fapet IPB 2009-2010 sekaligus mantan Menteri Kebijakan Nasional BEM Keluarga Mahasiswa IPB (BEM KM IPB) periode 2010-2011 memberikan materi disksui dengan tema "Pentingnya Komitmen dalam Berorganisasi".  Sebelum masuk berorganisasi, kita harus memiliki tekad yang kuat. Tekad yang kuat akan membawa kita menjadi orang yang berkomitmen. Komitmen ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan berorganisasi. "Sayang, banyak orang masuk organisasi tetapi dengan miskin tekad" tutur Pria.

Kebanyakan mahasiswa sering membenturkan organisasi dengan urusan akademik, padahal keduanya bisa jalan bersama. Akademik merupakah prioritas mahasiswa, tetapi organisasi itu juga perlu dibuat prioritas karena menyangkut tanggung jawab kelompok, bukan individu. Orang yang berorganisasi lebih bisa menghargai waktu dan menggunakannya secara efektif. "Jangan meniru mahasiswa yang setengah-setengah ikut organisasi" tambah Pria saat menjawab pertanyaan dari peserta D'Clother terkait bagaimana cara menyesuaikan urusan akademik dan organisasi.

Sebanyak empat perwakilan dari LK Fapet IPB, masing-masing adalah BEM, Himpunan Mahasiswa Produksi Ternak (Himaproter), Lembaga Dakwah Fakultas FAMM Al An'am, dan Kelompok Pencinta Alam Fapet IPB (Kepal-D), menjadi pembicara di sesi kedua diskusi D'Clother. Mereka berbagi pengalaman terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi selama kepengurusan di LK. (Acep)