IPB Rebut Kembali Gelar Kampus Prima

Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali memperoleh penghargaan Kampus Prima Olahraga untuk kategori Kampus Peduli Penyediaan Sarana dan Prasarana Olahraga. Trophy Kampus Prima Olahraga langsung diserahkan  Dirjen  Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (DIKTI-DIKNAS) yang diwakili Dra. Desmelita kepada Rektor IPB Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc Sabtu (15/3)  di Kampus Universitas Pelita Harapan (UPH). Penyerahan penghargaan Kampus  Prima Olah Raga ini berlangsung meriah tatkala terdengar teriakan yel  yel: IPB... Jaya, Jaya... IPB yang menggema ruang acara.

Selain IPB, penghargaan Kampus Prima Olahraga ini juga diberikan kepada Universitas Negeri Surabaya (Kategori Peduli Pembinaan Olahraga), Universitas Pelita Harapan (Kategori Peduli Partisipasi Olahraga) dan Universitas Hasanudin (Kategori Peduli Prestasi Olahraga).  Sedangkan nominasi kampus prima olahraga diperoleh oleh Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta, dan Universitas Lampung.

Pemberian Penghargaan Kampus Prima Olahraga ini merupakan yang kedua kalinya dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional sebagai bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi yang memiliki komitmen dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di kampus. "Tujuan kegiatan tersebut adalah terciptanya budaya berolahraga di lingkungan perguruan tinggi, sehingga olahraga menjadi bagian kehidupan sehari-hari mahasiswa dan seluruh civitas akademika yang ada," kata Rektor IPB.

Pemilihan kampus prima ini melalui proses panjang. Pemilihan kampus prima diawali lokakarya dan penyusunan Pedoman Pemilihan Kampus Prima Olahraga yang dilanjutkan melengkapi berbagai instrumen untuk menjaring data di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.  Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Kegiataan Pemilihan Kampus Prima Olahraga, Drs. Herman Chaniago, MM menyatakan, sekitar 90 perguruan tinggi negeri dan 2800 perguruan tinggi swasta dibawah 12 Kopertis (koodinator perguruan tinggi swasta) dari 33 propinsi turut berpartisipasi dalam pemilihan kampus prima olahraga kali ini.  "Selanjutnya data yang masuk, diolah, sehingga muncul nominasi-nominasi calon penerima trophy penghargaan Kampus Prima Olahraga," ujar Herman. Untuk menentukan kampus penerima trophy penghargaan, dibentuk tim yang melakukan verifikasi data ke kampus-kampus. Penilaian pemenang dilakukan oleh dewan juri yang diketuai Guru Besar Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Imam Suyudi, MA. Dari verifikasi data tersebut, muncullah  pemenang-pemenang pada setiap kategori yaitu Kampus Peduli Pembinaan, Kampus Peduli Partisipasi, Kampus Peduli Sarana dan Prasarana, dan  Kampus Peduli Prestasi.

Hadir dalam acara penganugrahan antara lain: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS, Kepala sub bidang  Minat Bakat dan Penalaran Direktorat Kemahasiswaan IPB, Bambang Riyanto, S.Pi. M.Si, Dosen Olahraga IPB, Siti Sofiah, SPd., Yonis Saharuddin Bangun, SPd, Wakil Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM)  IPB,  Menteri Olahraga dan Seni (BOS) BEM KM IPB, dan para ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga IPB. (*/ris)