Dr. Anuraga meraih juara 1 dosen berprestasi tingkat nasional

Berdasarkan hasil penilaian yang diumumkan pada malam Anugerah Diktendik Berprestasi tahun 2019 di Hotel Harris Vertu Harmoni, Dr Anuraga Jayanegara, SPt, MSc berhasil mendapatkan  Juara 1 Dosen Berprestasi Tingkat Nasional kategori Sains dan Teknologi. Prestasi tersebut merupakan salah satu capaian prestasi yang didapatkan IPB University pada ajang penganugerahan diktendik tahun 2019. Dua prestasi lainnya disabet oleh Dr Megawati Simanjuntak, SP, MSi, sebagai Juara 2 Dosen Berprestasi Tingkat Nasional kategori Sosial Humaniora, dan Kusnadi, SE ditetapkan sebagai Juara 2 Tenaga Kependidikan Berprestasi Kategori Pengelola Keuangan. 

Anuraga, yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, IPB University telah banyak penghargaan yang diterima selama menjadi dosen di IPB University. Beberapa penghargaan yang telah ia terima adalah Peringkat 1 Dosen Berprestasi Bidang Sains Teknologi di Tingkat IPB University tahun 2019, Outstanding Contribution in Reviewing dari Jurnal Animal Feed Science and Technology (Scopus Q1), Elsevier tahun 2018, H-Index 2018 Young Lecturer dan The Most Cited 2018 Young Author pada Tribute to Inovation and Authors IPB University tahun 2018, Peringkat 3 Dosen Berprestasi Bidang Sains Teknologi tingkat IPB University tahun 2018, Best Presenter Award pada Annual Applied Science and Engineering Conference ttahun 2018, serta masuk dalam nominasi 109 Inovasi Indonesia Prospektif, Business Innovation Center LIPI tahun 2017. 

“Alhamdulillah saya bersyukur pada Allah karena sudah diberikan kesempatan menjadi peringkat satu dosen berprestasi tingkat nasional kategori sains dan teknologi,” ungkap Dr Anuraga.  Semua ini, lanjut Dr Anuraga, tidak lepas dari bantuan semua pihak terutama dari para mentor yang sudah mengarahkan dan membimbing selama ini.

Dosen berkelahiran di Bojonegoro ini sejak tahun 2005 dipercaya sebagai peneliti di Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan. Ia juga pernah menjadi peneliti di Group of Animal Nutrition, Swiss. Meskipun sibuk dengan berbagai aktivitas di luar universitas, Anuraga Jayanegara juga aktif di beberapa organisasi seperti FORCES, ISTECS, dan lain-lain.

Status sebagai dosen berprestasi pada tingkat IPB menghampiri Anuraga Jayanegara di bulan Juli 2019. Padahal saat itu ia tengah sibuk dengan aktivitas sebagai Sekretaris Program Pascasarjana Ilmu Nutrisi Pakan. Di sela-sela kesibukannya tersebut, ia juga turut menginspirasi para mahasiswa yang masih duduk di bangku kuliah.

Ada satu buku karya Anuraga yang penting untuk disimak. Judulnya “Komponen Anti Nutrisi pada Pakan”. Buku tersebut banyak membahas tentang jenis zat antinutrisi yang ada pada bahan pangan. Dengan buku tersebut, para peneliti, mahasiswa, serta masyarakat jadi lebih mudah dalam menyeleksi bahan pangan untuk ternak yang tengah dikembangkan.

 



Lihat Semua Berita >>

Protocol Kesehatan Covid-19 saat WFO Fapet IPB