Melalui Fashion, Dr Maria Ulfah Edukasi Masyarakat Tentang Keanekaragaman Unggas dan Burung

Dr Maria Ulfah adalah dosen di Fakultas Peternakan IPB University. Selain sebagai dosen, ia juga merintis usaha di bidang fashion yang dikombinasikan dengan keilmuwanya. Ada 2 dua brand yang diproduksinya yaitu GALLINACEOUS (tas kulit asli, batik, hijab, sajadah) dan COPSYCHUS (tas non kulit) di bawah manajemen GALLINACEOUS INDONESIA yang didirikannya.  GALLINACEOUS INDONESIA adalah rumah produksi dengan konsep memberdayakan masyarakat lokal dan mendukung pelestarian sumberdaya unggas, burung dan biodiversitas Indonesia.

Dalam kesempatan wawancara dengannya beberapa waktu lalu, ia menerangkan bahwa awal perintisan GALLINACEOUS INDONESIA bukanlah untuk tujuan komersial, melainkan untuk dapat mengenalkan burung dan unggas asli Indonesia serta habitatnya ke masyarakat.
“GALLINACEOUS INDONESIA berdiri pada tahun 2017 dengan modal awal hanya 5 juta rupiah. Pada awal berdirinya, GALLINACEOUS INDONESIA tidak ditujukan untuk komersial. Tujuan utama pendiriannya adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitar yang pengangguran dan yang tidak punya pekerjaan tetap,” ungkapnya. 

GALLINACEOUS berasal dari nama Latin yang artinya segala sesuatu yang menyerupai ayam sehingga semua produk yang diproduksi oleh GALLINACEOUS INDONESIA bertema unggas dan burung asli Indonesia serta habitatnya. Hal ini mendukung gerakan nyata yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang biodiversitas Indonesia melalui fashion.  “Melalui pengenalan filosofi setiap produk yang bertema burung dan unggas Indonesia, GALLINACEOUS INDONESIA juga mengajak masyarakat untuk mendukung program konservasi biodiversitas di Indonesia,” ungkapnya. 

Dalam lima tahun berdirinya, GALLINACEOUS INDONESIA telah mengikuti berbagai pameran dan menjual produknya hingga ke berbagai negara. Pada tahun 2020, GALLINACEOUS INDONESIA meraih Juara 1 Lomba Video Promosi Produk. Pada tahun yang sama, ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Wanita Pengusaha Ter-Inovatif dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).  

Brand lokal asli Bogor dengan tema biodiversitas Indonesia ini dapat diakses melalui media sosial serta web GALLINACEOUS INDONESIA.  Selain itu masyarakat dapat membelinya melalui berbagai platform e-commerce (ipb.ac.id)