Fakultas Peternakan IPB University Hadirkan Beragam Produk dan Inovasi Menarik di IPB Innovation EXPO 2023

Fakultas Peternakan IPB (Fapet) turut berpartisipasi pada IPB Innovation EXPO 2023 yang digelar di Botani Square Mall Bogor selama tiga hari berturut-turut dari 29 September sampai dengan 1 Oktober 2023. Menempati booth nomor 5, Fapet IPB University menampilkan ragam produk dan inovasi berbagai hasil peternakan serta pakan.

“Produk-produk inovasi Fapet membanggakan, dengan display yang sangat indah dan informatif. Masyarakat bisa melihat bahwa karya Fapet yang akan menyumbang sumber protein hewani siap untuk masyarakat. ”ujar Kepala Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB Prof. Dr. Erika B. Laconi yang berkunjung ke booth Fapet pada (1/10). Prof. Erika juga menyampaikan bahwa Fapet tidak terbatas hanya untuk pakan ternak ke peternak saja, tapi juga untuk menopang budidaya ternak dari berbagai jenis pakan yang sudah dihasilkan diantaranya ada sorinfer, wafer, BSF dan akhirnya hasilnya dari produksi ternaknya juga ada disini seperti daging domba premium, telur omega dan tentunya kita harapkan semua sumber protein hewani dapat disuplai dari keilmuan yang ada di Fapet. Selain Kepala LKST, Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof. Dr. Ernan Rustiadi menyempatkan diri berkunjung dan menyapa civitas Fapet.

Beberapa produk yang menarik minat pengunjung paling banyak adalah yogurt Dairycous yang dari hari pertama sampai hari terakhir Expo selalu habis terjual, beberapa pembeli dari kalangan  IPB maupun kalangan umum mengatakan rasa yogurt tersebut lebih enak dari yogurt merk terkenal yang banyak beredar di pasaran. Selain itu ada pula Telur omega-3 yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf, serta berbagai manfaat lainnya. Telur omega-3 dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi pakan dengan melibatkan formulasi pakan ayam petelur dengan suplemen omega-3. Produk lain yang juga tersedia adalah ayam asap, hidangan daging ayam yang telah diasapi dengan diberi cita rasa dari rempah-rempah khusus. Proses pengasapan memberikan rasa dan aroma yang khas pada ayam. Proses ini dapat memakan waktu berjam-jam. Ayam asap memiliki warna cokelat kehitaman yang dihasilkan oleh proses pengasapan.

Booth Fapet juga menampilkan aneka pakan ternak, maggot, wafer pakan, HMB dan masih banyak lagi. Ada pula produk PKM berupa spons anti bakteri yang terbuat dari bulu domba.Pengunjung yang hadir di booth Fapet terdiri dari berbagai kalangan, ada masyarakat umum yang rata-rata tertarik pada produk makanan. Banyak juga dari kalangan mahasiswa, salah satunya Andri, mahasiswa prodi TNK Sekolah Vokasi IPB yang tertarik dengan produk sorinfer karena sangat berhubungan dengan kuliah yang tengah ditempuhnya. Ada pula Mahdi Mubarok, alumni kimia IPB yang antusias pada produk madu dari Fapet IPB “Produk madu dari peternakan lebah di IPB adalah madu asli, bukan campuran dan sudah pasti banyak khasiatnya” tandasnya.  (Femmy).