Akses Internet dan Sistem Informasi

Saat ini seluruh kampus IPB terkoneksi ke jaringan Local Area Network (LAN) dan Metropolitan Area Network (MAN) menggunakan kabel serat optik (FO). Sivitas akademika IPB dapat mengakses seluruh layanan IT baik dalam lingkup intranet maupun internet. Kecepatan transmisi data untuk akses intranet adalah 100-1000 Mbps. Total bandwith di IPB saat ini adalah 2,9 Gbps. Sivitas akademika IPB dapat mengakses internet dengan memanfaatkan wifi IPB-ACCESS yang tersedia di berbagai lokasi seluruh kampus. Dengan IPB-ACCESS, Civitas akademik cukup sekali login selama menggunakan fasilitas internet di IPB.

Saat ini, jaringan internet IPB mulai memasuki babak baru, yaitu menerapkan single SSID multiple VLAN, dimana secara perlahan ragam SSID yang ada akan digantikan oleh satu SSID, yaitu IPB-ACCESS. Metode koneksi ini memberi kemudahan bagi pengguna jaringan internet IPB untuk tidak selalu login melalui captive portal saat pindah lokasi akses. Namun demikian, pada masa transisi, SSID lainnya masih difungsikan sampai batas waktu tertentu.

Di samping itu, IPB juga mulai bergabung dalam jaringan EDUROAM (Education Roaming) yang memungkinkan sivitas akademika IPB menggunakan ID-IPB untuk koneksi ke SSID eduroam di berbagai kampus pada sekitar 101 negara. Demikian pula civitas akademika dari perguruan tinggi di 101 negara dapat menggunakan SSID eduroam yang ada di IPB dengan menggunakan ID yang bersangkutan.

Untuk mendukung penyediaan software berlisensi, IPB bekerjasama dengan Microsoft dalam bentuk IPB-Microsoft Open Value Subscription for Education Solutions (IMOVSES). Sivitas akademika dapat menggunakan software keluaran Microsoft seperti Windows, MS Office, SQL Server, Visual Studio, dan produk lainnya.

Untuk mendukung administrasi akademik, IPB juga mengembangkan SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik) terintegrasi yang dapat diakses mahasiswa untuk berbagai keperluan administrasi akademik misalnya KRS-online, EPBM (Evaluasi Proses Belajar Mengajar), jadwal kuliah, jadwal ujian dan lain sebagainya. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan sistem pembelajaran online dengan mengkases LMS (Lecture Management System) di alamat  http://class.ipb.ac.id. Aplikasi yang juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah Google Apps (http://apps.ipb.ac.id) yang memiliki aplikasi  email, calender, drive, documents, sites, dan lain lain. Berbagai Sistem informasi juga dapat digunakan, yang dapat diakses melalui laman portal https://siti.ipb.ac.id/.



Lihat Semua Berita >>