Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan untuk menunjang terselenggaranya tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di IPB. Dalam menjalankan fungsi tersebut, Perpustakaaan IPB menghimpun, mengolah, serta menyebarluaskan informasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendokumentasikan karya ilmiah staf IPB, skripsi, tesis dan disertasi lulusan IPB. Informasi yang dikelola berbentuk bahan pustaka tercetak maupun elektronik.

Sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan IPB berupa berbagai jenis koleksi seperti Buku Teks, Buku Referensi, Jurnal Ilmiah, IPBana, Laporan Penelitian, Prosiding, Tugas Akhir : Skripsi, Tesis dan Proposal, Koleksi SNI, Koleksi BI, Online Database : Offline Journal : TEEAL, Online Journal : Scienedirect, Ebsco, Proquest, IEEE, Infotrac, BMI, CABI, Ebook : Columbia Univ. Press, Univ. of California Press, Liverpool Univ, Press, Princeton Univ. Press, Ebscohost, Wiley, online library, McGraw Hill, Cambridge, Cabi, IET Computer Science, IG Library.

Perpustakaan IPB menyediakan berbagai layanan, yaitu (1) sirkulasi; (2) penelusuran informasi; (3) layanan digital, (4) dan percetakan. Disamping itu juga menyediakan layanan fotokopi, scanning, CD burning, bimbingan  pembaca, konsultasi, pelatihan dan magang dalam bidang perpustakaan, serta pengelolaan informasi.  Disamping melayani penelusuran informasi secara elektronik, Perpustakaan IPB juga telah melakukan komputerisasi untuk berbagai kegiatan.  Diantaranya adalah pencatatan pengunjung perpustakaan, dan scanning barcode di bagian sirkulasi (pengembalian dan peminjaman buku), sehingga transaksi peminjaman akan tercatat di pangkalan data peminjaman buku.  Perpustakaan IPB memberikan layanan setiap hari kerja :

Senin – Kamis
08.00-21.00
Jumat
08.00-11.00
13.00-21.00
Sabtu
08.00-16.00
Online
7hari/24jam

 

 

 

Selain Perpustakan IPB, Fakultas Peternakan IPB juga memiliki Perpustakaan yang terletak di Gedung Fakultas Peternakan. Perpustakaan Fapet memiliki koleksi buku-buku penting penunjang pendidikan bagi civitas akademika Fakultas Peternakan,  baik versi indonesia maupun versi text book, di tambah buku-buku penunjang lain dan koleksi skripsi serta laporan magang.


Fasilitas perpustakaan Fakultas Peternakan IPB sangat nyaman untuk kegiatan membaca dan belajar, pelayanan pengelolaan perpustakaan terkomputerisasi (stand-alone) menggunakan Sistem Informasi Perpustakaan yang dapat mempermudah pencarian dan pengelolaan data perpustakaan. Perpustakaan dilengkapi lebih dari 300 judul buku teks (textbook)  baik berbahasa Indonesia maupun asing. Koleksi  lainnya terdiri dari jurnal, prosiding seminar, majalah ilmiah, skripsi (lebih dari 1400 judul), laporan magang (lebih dari 1200 judul), dan buku ilmu pengetahuan lainnya.

 



Lihat Semua Berita >>