Fakultas Peternakan IPB University dan Jalin Kerjasama dengan Perkumpulan Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI)

Melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University sepakati kerjasama dengan Perkumpulan Masyarakat Perunggasan Indonesia (MIPI). Penandatanganan MoA ini berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Peternakan, Kampus IPB Dramaga, (24/5). 

Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Dr Idat Galih Permana menyambut baik kegiatan tersebut,  “Ke depannya kita berharap perunggasan di Indonesia ini bisa kita tingkatkan terutama kolaborasi antara perguruan tinggi, masyarakat, peternak, termasuk juga industri, khususnya dalam bidang pendidikan, riset maupun di dalam pemberdayaan” ujarnya. Dr. Idat juga melihat MIPI memiliki jaringan internasional yaitu World Poultry Science Association dan di Indonesia juga aktif mengadakan event baik seminar maupun workshop.

Lebih lanjut Dekan Fapet juga mengenalkan kepada MIPI dua divisi di Fapet yang berkaitan langsung dengan unggas, yaitu Divisi Produksi Ternak Unggas yang dikepalai oleh Prof. Iman Rahayu dan Divisi Nutrisi Ternak Unggas yang dikepalai oleh Prof. Sumiati. Selain itu ada juga beberapa divisi yang mensupport, terutama untuk riset. Divisi tersebut antara lain Bidang Pemuliaan yang banyak riset mengenai unggas. 

Sementara itu, Ketua Umum MIPI Prof. Ir. Arnold Parlindungan Sinurat MS., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar industri perunggasan di Indonesia ini bisa maju, “Baik yang besar maupun yang kecil kita menginginkan sama-sama maju. Sampai saat ini masalah yang masih kita hadapi terutama gejolak harga di perunggasan, sering terjadi dan terulang. Untuk itu perlu dikerjasamakan agar pemikiran dari teman-teman di Fapet dan MIPI maupun dari universitas lain bisa kita satu padukan supaya industri perunggasan ini bisa maju’’ jelasnya.

Prof. Arnold juga menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan dalam action kerjasama ini. Beberapa hal tersebut antara lain adalah penyebaran ilmu dan pengetahuan, baik secara teorotis maupun secara praktis, dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat supaya masyarakat kita merasakan keberadaan dan kegunaan MIPI maupun Fapet di seluruh Indonesia.

Penandatangan MoA diawali dengan pembacaan isi naskah MoA oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fapet IPB, Dr. Sri Suharti, kemudian dilanjutkan penandatangan oleh kedua belah pihak. Pada sesi diskusi masing-masing ahli menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan rencana program. Beberapa hal tersebut antara lain dari Prof. Iman Rahayu yang menyampaikan bahwa pada kegiatan ini kita sudah merancang program Webinar mengenai Animal Welfare, dan Transportasi Logistik di Poultry dan pengabdian kepada masyarakat.

Detail program lain disampaikan oleh Dr. Maria Ulfah, dosen Fapet sekaligus Komda MIPI cabang Jawa Barat, DKI dan Banten. Divisi Produksi Unggas Fapet IPB bekerjasama dengan MIPI akan memfokuskan webinar dengan tema Penerapan Animal Welfare pada Logistik Unggas dan ini akan kami kerjasamakan dengan Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas Indonesia (GBPU). Kemudian terkait dengan edukasi, divisi Produksi Unggas bekerjasama dengan MIPI juga akan  memberikan edukasi kepada masyarakat, misalnya tentang bagaimana harusnya penanganan produk unggas yang baik,. program untuk mengurangi stunting,.

Selanjutnya Prof. Sumiati menyampaikan pada aspek penelitian industri yang sedang dirancang dan negosiasi dan berlokasi di closed house. Selain itu banyak juga industri yang ingin mencobakan programnya di perguruan tinggi, karena legalitas diperlukan.

Dr. Ir. Laurentius Hardi Parsetyo, M.Agr dari MIPI turut menyampaikan info mengenai animal conference nanti ada 3 forum, yang pertama scientific fourm, yang kedua bussiness forum (pelaku usaha juga banyak dan ingin ada kontak), lalu culinary forum (meningkatkan kesadaran akan kualitas). (Femmy)