Prof Ronny Rachman Noor Ungkap Semakin Nyatanya Bahaya Laten Mikroplastik dan Nanoplastik Bagi Kesehatan

Mikroplastik dan nano plastik saat ini sudah menjadi bahaya laten bagi kesehatan manusia semakin nyata. Hal tersebut diungkap Prof Ronny Rachman Noor, Guru Besar IPB University dari Fakultas Peternakan.  Ia menyampaikan hasil penelusuran jejak mikroplastik yang menunjukkan bahwa daging sapi dan daging babi yang beredar di Belanda dan Switzerland telah terkontaminasi mikroplastik. Bahkan jejak mikroplastik susu sudah ditemukan pada produk susu yang beredar di pasaran Switzerland  dan Perancis sejak tahun 2021 lalu.

“Hasil penelitian menunjukkan, setiap tahunnya rata rata orang memakan sekitar 50.000 partikel mikroplastik dan juga dalam jumlah yang sama kita menghirupnya melalui udara yang tercemar,” kata Prof Ronny Rachman Noor.  Pakar Genetikan Ternak ini mengingatkan bahwa Indonesia perlu secara serius menangani masuknya mikroplastik dalam rantai makanan. Menurutnya, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mengawasi secara ketat penggunaan plastik dalam industri pangan, industri peralatan, industri perikanan dan industri peternakan termasuk  peternakan rakyat.

“Jika masalah ini tidak diantisipasi, maka dalam waktu dekat mikroplastik dan nano plastik  akan menjadi masalah kesehatan yang sangat serius bagi Indonesia,” katanya.  Ia menambahkan, kita tentunya dapat membayangkan bahwa di negara penghasil daging dan susu ini sistem pengawasan dan keamanannya sangat ketat, namun kontaminasi mikroplastik tetap saja terjadi. Tentunya kita juga dapat membayangkan bahwa bahaya laten mikroplastik ini semakin nyata dan meluas di berbagai negara, utamanya di negara berkembang yang pengawasan keamanan pangannya belum seketat Belanda, Switzerland dan Perancis.

Mikroplastik merupakan partikel plastik yang berukuran antara 0.03 sampai dengan 3 millimeter.  Saat ini mikroplastik menjadi salah satu bahan pencemar lingkungan utama yang ditemukan pada tanah, air laut, air tawar dan juga udara. Dengan ukuran yang sangat kecil, baik manusia maupun hewan secara tidak sadar mengkonsumsinya dari makanan yang tercemar mikroplastik.

Hasil penelitian terbaru yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa mikroplastik sudah ditemukan pada daging sapi dan daging babi yang jika dikonsumsi manusia akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Para peneliti dari Vrije Universiteit Amsterdam (VUA) Belanda pada bulan Maret lalu juga telah menemukan jejak mikroplastik dalam darah manusia dan dapat menyebar ke berbagai organ. Mikroplastik yang masuk ke dalam tubuh manusia berdampak pada kerusakan sel dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang serius dan  menimbulkan kematian.

Prof Ronny juga membeberkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan bahwa mikroplastik ini sudah mengkontaminasi susu yang beredar di pasaran di Perancis dan Switzerland sejak tahun 2021 lalu.

Terkontaminasinya produk peternakan seperti susu, daging dan juga kemungkinan besar telur memang tidak mengherankan. Hal ini karena penggunaan bahan dan peralatan berbahan plastik sangat masif digunakan baik di peternakan besar maupun peternakan rakyat. Hal yang sama juga terjadi pada industri perikanan. Sumber kontaminasi mikroplastik utamanya yang berukuran sangat kecil  dapat berasal dari bahan plastik yang digunakan ini yang masuk melalui air minum dan pakan ternak.

“Sayangnya banyak orang yang tidak sadar bahwa kontaminasi mikroplastik ini sudah masuk ke dalam rantai makanan dan akhirnya masuk ke dalam tubuh manusia,” kata Prof Ronny.  Ia menyebut, masalah kontaminasi mikroplastik dan nano plastik  yang sangat luas dan mengancam kesehatan manusia ini perlu diantisipasi dan ditangani  secara serius di Indonesia. Hal ini karena akan berdampak buruk tidak saja pada lingkungan namun juga pada kesehatan masyarakat tanpa disadari banyak orang (ipb.ac.id)