Orasi Ilmiah dan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr.sc ETH Anuraga Jayanegara, S.Pt, M.Sc 

Bertempat di Graha Widya Wisuda, berlangsung Sidang Terbuka Institut Pertanian Bogor pada Sabtu 17/9, dengan acara khusus orasi tiga Guru Besar Institut Pertanian Bogor. Satu dari tiga Guru Besar tersebut adalah  Prof. Dr.sc ETH Anuraga Jayanegara, S.Pt, M.Sc  yang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul : Polifenol sebagai Komponen Pakan untuk Reduksi Emisi Gas Metana Asal Ternak Ruminansia.

Riwayat hidup dibacakan oleh Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr dari mulai keluarga, pendidikan yang ditempuh di dalam maupun luar negeri, prestasi yang sudah dicapai hingga kegiatan nasional maupun internasional.

Orasi ilmiah diawali dengan penjabaran sektor peternakan, khususnya ruminansia yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Di Indonesia, sapi pedaging merupakan kontributor terbesar emisi gas methan dari sektor peternakan, yakni sekitar 63-68% dari total emisi gas rumah kaca asal fermentasi enteric.

Selain berkontribusi terhadap pemanasan global, emisi gas methan dari dari ternak ruminansia merupakan salah satu bentuk kehilangan energi bagi ternak. Dengan demikian, upaya mitigasi gas metan tidak hanya bermanfaat bagi konservas lingkungan dalam menurunkan laju pemanaan global, melainkan juga sebagai upaya menurunkan energi yang hilang dari ternak.

Berkaitan dengan hal tersebut, Prof. Anuraga yang juga pernah melakukan riset polifenol ketika menempuh pendidikan doktoral di ETH Zurich, Switzerland ini menjelaskan polifenol sebagai pendekatan alternatif yang bersifat alami untuk pakan ternak. Selain itu, polifenol juga berperan sebagai agen proteksi dan untuk hijauan pakan tropis yang mengandung polifenol tinggi menghasilkan gas metan yang rendah.

‘’Beberapa penelitian fungsi tanin dan hasil meta analisis berkaitan dengan kualitas produk ternak” jelasnya menambahkan. (Femmy)