Bappeda Kabupaten Tegal Kunjungi Fapet, Bahas Rencana Pelaksanaan Kedaireka untuk Kambing - Domba

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menerima kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tegal pada (1/12). Bertempat di ruang sidang Fapet, rombongan yang terdiri dari Kepala Bappeda beserta jajarannya. Dr. Sugeng Santoso, pihak yang menjembatani pertemuan tersebut menjelaskan bahwa setiap tahun ada kegiatan IPB di Tegal (Bappeda). Dosen Fakultas Pertanian IPB University ini mengatakan jika akan lebih baik jika ada orang IPB lebih banyak berpartisipasi di Tegal.

Dekan Fapet, Dr. Idat Galih Permana menyambut baik kunjungan tersebut. Agenda kunjungan adalah mendiskusikan kerjasama Fapet dengan Kab. Tegal melalui program pengembangan kambing dan domba di Kab. Tegal. “Tegal merupakan daerah lintasan Jateng ke Jabar, suatu kondisi yang strategis untuk pengembangan ternak tidak hanya untuk kebutuhan Tegal namun juga Jabotabek” ujar Dekan Fapet dalam pembukaan acara tersebut.

Kepala Bidang Perekonomian dan Sumberdaya Alam Bappeda Tegal,  Sigit Dwi Nugroho S, S.TP menyampaikan beberapa poin penting perihal kerjasama antara Kab. Tegal dengan IPB. Diawali tahun 2006 Bappeda Kab. Tegal bekerja sama dengan IPB untuk menyusun masterplan pertanian hingga saat ini sudah terjalin kerjasama lainnya termasuk KKN mahasiswa dan pengabdian masyarakat. “Pada tahun ini, menjajaki Kedaireka pertanian. Untuk peternakan kami melihat potensi daging kambing dan domba untuk kebutuhan sate tegal. Ada 200 warung sate di 5 kecamatan di Tegal  dengan kebutuhan : 500-1000 ekor per hari dan saat ini belum ada teknologi memperbanyak domba” ungkapnya.

Rencana tersebut didukung pula oleh kehadiran Prof. Asep Gunawan dan M. Baihqi, M.Sc  yang nantinya akan terlibat langsung dalam kerjasama tersebut. Menurut Prof. Asep, dengan adanya kedaireka dapat lebih mempercepat program tersebut “Inovasi dan kolaborasi hal yang luar biasa untuk pemda, kami terus lakukan perbaikan dan identifikasi kualitas bibit dan daging premium yang kaya akan kandungan mineral, anti hipertensi dan sudah menemukan marker seleksi untuk keempukan” ujar peraih penghargaan People of The Year Metro TV 2022 ini.

Ketua Departemen INTP Fapet, Prof. Anuraga Jayanegara turut mendukung program tersebut. “Kami siap berkolaborasi, di INTP ada pakan ada nutrisi, khusus domba ada standar kebutuhan dan kami akan rekomendasikan kebutuhan zat gizi” ujarnya. (Femmy)