Fakultas Peternakan IPB University Berikan Penghargaan Kepada Para Mahasiswa Berprestasi

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menggelar kegiatan Penganugerahan Penghargaan untuk para mahasiswa berprestasi, (28/12) di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (JHH), Fapet IPB, Bogor. Dalam acara tersebut, sebanyak 119 mahasiswa Fakultas Peternakan menerima 156 penghargaan dari berbagai lomba serta kejuaraan. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada para Dosen, Ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) beserta Wakilnya yang berada di lingkungan Fapet IPB University.

Dekan Fakultas Peternakan, Dr Idat Galih Permana dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan bentuk apresiasi dari Fakultas dan Departemen terhadap berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh para mahasiswa Fapet. Kegiatan kemahasiswaan ini merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari kurikulum. IPB memandang bahwa kegiatan kemahasiswaan sama pentingnya dengan kegiatan Akademik dan sinergis dengan MBKM yang dicanangkan oleh kementerian.

“Kegiatan kemahasiswaan harus didesain sedemikian rupa sehingga nanti kedepan pada saat lulus menjadi seorang sarjana memiliki kompetensi yang kuat dibidang peternakan, termasuk juga kemampuan soft skill yang kuat sehingga bisa semakin memperkaya kemampuan kita pada saat kita bekerja,” ujarnya seraya berharap agar penghargaan ini bisa menjadi motivasi, tidak hanya untuk yang menerima apresiasi tapi juga kepada teman-teman yang lain.

Kegiatan ini juga dihadiri para Wakil Dekan, Ketua Departemen serta para Dosen di lingkungan Fapet IPB University. Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Irma Isnafia Arief menyampaikan laporan mengenai kegiatan kemahasiswaan selama tahun 2022. “Berdasarkan data SIMAKER serta berbagai data yang didapatkan dari laporan mahasiswa melalui ORMAWA, capaian prestasi untuk tahun 2022 meliputi prestasi internasional sebanyak 26 prestasi, diantaranya adalah Student Competition di bidang ilmiah, presenter terbaik, kemudian kompetisi non akademik termasuk diantaranya untuk debat dan kategori musik”ujarnya di awal laporan.

Prof. Irma juga mengatakan, 130 prestasi nasional tersebut melampaui target awal yaitu 100 prestasi yang diantaranya terdiri dari PKM, PPKO Abdidaya, kompetisi akademik dan non akademik di Perguruan Tinggi dan Instansi lainnya. Kemudian untuk Regional tingkat Perguruan Tinggi ada 104 prestasi yang hampir semuanya mendapatkan prestasi, diantaranya adalah Mapres (Mahasiswa Berprestasi), OMI, Cowboy Showtime, CST, juara Dekan Cup, serta kompetisi lainnya di tingkat IPB.

Di bidang akademik, capaian mahasiswa yang menjalankan paling sedikit 20 SKS di luar kampus, atau yang termasuk IKU 2 adalah sebesar 55,87%  atau 818 mahasiswa dari jumlah total mahasiswa S1 sebanyak 1.464 pada tahun 2022. “Target dari DIKTI adalah minimal 35% dan tahun ini kita bisa mencapai 55,87%,” jelasnya. Selain itu, ada juga kegiatan MBKM yang diikuti oleh mahasiswa di luar kampus yaitu MBKM Flagship dari Kemenristek Dikti dan MBKM yang dilakukan oleh Fakultas yaitu Sertifikasi Perunggasan Jenjang 5, Matching Fund Kedai Reka, Soft Skill Kemahasiswaan dan Kewirausahaan serta kegiatan magang di Teaching Farm diantarnya Closed House dan di Jonggol. (Femmy)