Fakultas Peternakan IPB University berkolaborasi dengan PT. Bogor Sari Nutrisi dan CV. Wahyu Farm Sejahtera dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan potensi mitra. PT. Bogor Sari Nutrisi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi susu dimana salah satu brandnya bernama Yess Yoghurt. CV. Wahyu Farm Sejahtera merupakan mitra utama PT. Bogor Sari Nutrisi, yang menjadi penyuplai bahan baku utama berupa susu. CV. Wahyu Farm Sejahtera merupakan peternakan berskala kecil yang memerlukan perbaikan teknologi, manajemen pengelolaan peternakan dan penanganan susu yang baik. Standar kualitas susu sesuai SNI hanya dapat diperolehkan ketika peternakan mampu menjalankan GMP yang baik. Peran Fakultas Peternakan IPB ialah untuk mendampingi peternak supaya menghasilkan produk pangan yang sehat dan berkualitas. 

Pelaksanaan pendampingan berupa pemberdayaan berbasis kewirausahaan untuk mitra usaha produk unggulan daerah yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan metode. Tahap pertama adalah sosialiasi kepada karyawan produksi yang berada pada PT. Bogaor Sari Nutrisi serta pada peternak yang menjadi supplier utama dari PT. Bogor Sari Nutrisi pada (14/7) di Ciawi, Bogor. Sosialisasi meliputi pemetaan proses produksi dan GMP di PT. Bogor Sari Nutrisi, sedangkan pada Wahyu Farm Sejahtera dilakukan sosialisasi mencangkup proses pemerahan dan pemeliharaan sapi perah sehingga mampu menghasilkan susu yang berkualitas. 

Selanjutnya pelatihan diberikan oleh ahli dari Fapet IPB, dimulai dengan pembuatan soft candy pada (25/7) oleh Dr. Moch. Sriduresta Soenarno, S.Pt., M.Sc dan Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt., M.Si. Pada (26/7), pelatihan pembuatan Keju Mozzarella diberikan oleh Muhamad Arifin, S.Pt. M.Si dan didampingi Prof. Irma Isnafia Arief. Pelatihan dilaksanakan di Fapet IPB, Dramaga. Selanjutnya yaitu pelatihan Sistem Informasi Menejemen (SIM) Keuangan dan SIM Manajemen dari pelatihan soft candy yang dilakukan pada (31/7) di PT. Bogor Sari Nutrisi dan diberikan oleh dosen anggota Dr. Tjut Awalaiyah Zuraiyah., S.Kom., M.Kom dan Nurul Hidayati S.E., M.Si.

Setelah pelatihan, langkah selanjutnya adalah penerapan pada proses porduksi di PT. Bogor Sari Nutrisi dalam skala kecil. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai cita rasa yang sesuai untuk konsumen sehingga dilakukan trial and error terlebih dahulu melalui produksi dalam skala yang kecil baru selanjutnya akan dilakukan proses produksi dalam skala besar. Selain itu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah pendampingan melalui konsultasi dengan pihak mitra saat proses trial dan error serta evaluasi kualitas susu sebagai bahan baku serta perancangan desain kemasan.

Adapun beberapa luaran target kegiatan ini antara lain adalah hak cipta tersertifikat, paten terdaftar, peningkatan income generating dan varian  produk. Artikel ilmiah di jurnal nasional SINTA atau  di seminar nasional/internasional serta media massa. Ketua dosen pengusul kegiatan ini, Prof. Dr. Irma Isnafia Arief berharap program ini dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sektor peternakan di Ciawi, Bogor, serta memperkuat posisi produk berbasis susu sapi lokal sebagai unggulan daerah.

Dosen pengusul yang terlibat di kegiatan ini adalah Nurul Hidayati S.E., M.Si dengan bidang tugas yang berkaitan dengan Manajemen, Dr. Zaenal Abidin, M.Agr pada bagian Kimia dan Lingkungan dan Dr. Tjut Awaliyah Zuraiyah., S.Kom., M.Kom pada bidang Ilmu Komputer. (Maul/Femmy)