Sukacita Adelaide University dan University of Queensland bersama SEAASS-Net

Adelaide University (AU) dan The University of Queensland (UQ) berkunjung ke Institut Pertanian Bogor dalam rangkaian Indonesia Trip 2013. Selama dua hari sejak kamis sore (5/12) hingga sabtu siang (7/12) AU dan UQ mengikuti kegiatan yang telah disusun oleh SEAASS-Net (South East Asia Animal Science Student Networking) selama berada di kampus IPB.

AU terdiri dari 10 mahasiswa dan 2 pengajar, sementara UQ yang mengikuti Indonesia Trip 2013 berjumlah 11 mahasiswa dan seorang pengajar. Selama berada di IPB, SEAASS-Net mengajak AU dan UQ berkunjung ke RPH (Rumah Pemotongan Hewan) Eldeers Abbatoir, mengadakan seminar bersama seluruh mahasiswa fapet IPB, diskusi mengenai lembaga kemahasiswaan ataupun aktivitas kemahasiswaan yang ada di AU dan UQ, serta di IPB.  

Penyambutan kedatangan delegasi AU dan UQ dilakukan oleh para petinggi Fakultas Peternakan seperti Wakil Dekan Fapet, Dr. Ir. Moh Yamin, M.Agr. Sc., masing-masing Ketua Departemen IPTP dan INTP yaitu Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA dan Prof. Dr. Ir. Panca Dewi MHKS, M.Si. Sambutan bertema morning tea setelah tour campus ini dilakukan di ruang sidang Fapet IPB.

Selama di hari jumat, para delegasi hanya mengadakan kegiatan di lingkup kampus,  seperti di jumat siang mengadakan seminar dengan para mahasiswa fapet seluruh angkatan di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (JHH) hingga sore hari. Malam harinya, SEAASS-Net mengadakan dinner party dan juga menampilkan tarian daerah, yaitu tarian ‘Bajidor’ oleh Aqos dan Nawal. Lantunan berbagai lagu baik lagu lokal maupun lagu barat oleh Yunita dan Leonardus juga turut menambah kegembiraan. Tak mau kalah, delegasi AU dan UQ juga menampilkan paduan suara yang amat menyenangkan. “It’s so fun”, kata salah satu delegasi AU.

Image

Delegasi AU dan UQ bersama SEAASSNet team di halaman rektorat IPB

Image

Delegasi AU dan UQ foto bersama pimpinan Fapet dan SEAASSNet team

 

 Selain itu, dinner party juga merupakan ajang tukar menukar merchandise, Tim SEAASS-Net yang terdiri dari Amalia, Rifqi, Nandya, Ikhwan, Hafidz, Nawal, Gilang, Agustin, Rian, Satria, Rima, Prio, Arifah, Valen, dan Fia serta tim fasilitator yang membantu yaitu Tian, Deti, Febrina, Nova, Irfan, dan Budi diberikan berbagai souvenir mulai dari gantungan kunci koala, topi, botol minum, pulpen, hingga flashdisk, sementara itu AU dan UQ mendapat gantungan kunci IPB dan souvernir lainnya khas Indonesia.

Kegiatan AU dan UQ untuk hari sabtu adalah kunjungan ke International Cooperation and Development Fund (ICDF) yang merupakan “university farm” dari hasil kerjasama IPB-Taiwan, di Desa Cikarawang. Pasca kunjungan ke ICDF, delegasi AU dan UQ berkunjung ke MT Farm (Mitra Tani Farm) milik alumni fakultas peternakan IPB angkatan ke 33, Budi Susilo Setiawan yang sukses menjadi pengusaha di MT Farm tersebut.
Image

Dinner party, tukar menukar merchandise antara AU, UQ, dan IPB (SEAASSNet)

Image

Penampilan tarian daerah ‘Bajidor’ oleh Nawal dan Aqos

Image 

Pemberian kenang-kenangan AU kepada Fapet IPB (Dr. Ir. Moh Yamin, M.Arg. Sc)

PIC penyambutan delegasi AU dan UQ, Rifqi Waluyo Djati mengatakan, ‘’What a wonderful experience! It makes me feel so lucky to be involved and lead directly in this program. So we can improve our knowledge between each others, We had a great time. They can enjoy our hopitality, and I hope someday we have opportunity to visit them back.” Kegiatan kunjungan delegasi AU dan UQ berakhir di MT Farm yang terletak di Desa Ciampea, Bogor. Selepas itu, delegasi AU dan UQ segera meninggalkan Bogor dan menuju Jakarta untuk kegiatan trip lainnya. (red. arbi)

Image

Pemberian kenang-kenangan Fapet IPB (Dr. Yamin) kepada Adelaide Uni (Prof. Mandi Carr)

 Image

Performance The Uni of Queensland

 Image

Delegasi AU dan UQ belajar tarian “Saman” oleh Aqos

Image 

Foto bersama all crew SEAASSNet, AU and UQ Delegates