Video Highlight


  • Antinutrisi adalah senyawa sekunder yang terkandung dalam tanaman, termasuk pada hijauan pakan ternak dan biji-bijian. Pengaruh negatif dari antinutrisi antara lain dapat mengikat protein dan beberapa mineral penting dari bahan pakan lainnya yang diberikan pada ternak. Antinutrisi seperti saponin, pada jumlah dan waktu pemberian yang tepat dapat mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh ternak. Saponin yang berasal dari buah lerak  dapat mempengaruhi  kekebalan dan produktivitas sapi potong peranakan onggol (PO).


  • Asian-Australasian Dairy Goat Network (AADGN) adalah sebuah organisasi yang menaungi para peneliti yang bergerak di bidang kambing perah. kegiatan rutin AADGN salah satunya Asian-Australasian Dairy Goat Confrence yang diadakan setiap dua tahun sekali. Tahun ini Fakultas Peternakan IPB mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraaan AADGC 2014. Seminar Internasional ini berlangsung pada 25-267 April 2014 di IPB International Convention Center.


  • Telur sangat mudah dijumpai di Indonesia, tapi tidak banyak orang tahu jika telur memiliki 96% protein yang dapat diserap oleh tubuh kita. Namun sayang tingkat konsumsi telur di Indonesia masih sangat rendah.




  • Kebutuhan akan gizi dapat kita peroleh salah satunya adalah dari susu. Susu merupakan sumber protein hewani, yang sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun sayang, konsumsi susu Indonesia masih sangat kurang yakni sekitar 11 liter /kapita/ tahun. Untuk itu diperlukan kesadaran akan pentingnya meminum susu setiap hari. Jadi, ayo kita minum susu !




  • Daun pepaya sering dimanfaatkan masyarakat untuk membuat berbagai panganan. Namun biasanya yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah daun pepaya yang masih muda atau pucuknya. Sedangkan daun pepaya yang telah tua diabaikan begitu saja. Prof.Dr. Yuli Retnani mengembangkan sebuah inovasi yang memanfaatkan daun pepaya yang sudah tua sebagai bahan utama pembuatan biskuit biosuplemen yang dapat meningkatkan produksi susu pada kambing perah.


  • Himpunan Mahasiswa Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Institut Pertanian Bogor mengadakan Festival Ayam Pelung pada Sabtu 5 September 2015. Acara tersebut mengusung tema Gema Kokok Ayam Pelung Khas Nusantara. Festival tersebut diadakan di pelataran Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan IPB dan dihadiri oleh para pecinta ayam pelung.


  • Kamis, 20 Maret 2014 Fakultas Peternakan bekerja sama dengan Napindo dan Danone menyelenggarakan Hari Minum Susu Bersama di Gedung Auditorium James Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi protein hewani terutama pada anak-anak usia dini.


  • Hijauan pakan adalah tumbuhan berklorofil yang sebagian atau seluruh bagiannya dapat dimakan oleh ternak. Hijauan pakan terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yakni rumputan, kacangan, dan rumbah. Semakin bergam jenis hijauan yang dikonsumsi maka ternak akan semakin sejahtera


  • Pada tanggal 1 Juli 2013 diadakan acara launching untuk meresmikan D’Best Executive Lounge Faster IPB. Executive Lounge ini merupakan bentuk kerjasama antara  Fakultas  Peternakan IPB  dengan PT. Sierad Produce Tbk. Launching ini turut dihadiri dan dibuka oleh Rektor IPB, Dekan Fakultas Peternakan dan Direktur PT. Sierad Produce Tbk.


  • Klub Agrostos merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada ilmu rumput (agrostologi). Klub ini diresmikan pada tanggal 10 Februari 2012 oleh Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB. Keanggotaan klub ini terbuka bagi seluruh mahasiswa IPB.


Page 1 of 3