Erupsi Gunung Semeru : Fapet IPB University berikan bantuan pakan Sorinfer

Bogor, 9 Desember 2021 – Erupsi gunung semeru berdampak pada hewan ternak di kabupaten Lumajang. Fakultas Peternakan IPB University bekerjasama dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan bantuan pakan sorinfer sebanyak 20 ton. Bantuan pakan sorinfer disalurkan di dua kecamatan yaitu kecamatan Candipuro dan kecamatan Pronojiwo. Alokasi Tersebut tentunya belum mencukupi kebutuhan ternak yang terkena dampak bencana gunung Semeru, Fakultas Peternakan IPB University berharap  bantuan ini dapat menjadi trigger bagi pemerintah dan pelaku usaha lain untuk turut berkontribusi.

Sorinfer atau Sorgum indigofera fermentasi merupakan pakan komplit fermentasi hasil inovasi dari Prof. Dr.  Ir. Luki Abdullah, MSc Agr yang diproduksi oleh PT Prima Agrostis Nusantara. Sorinfer merupakan pakan siap saji yang bisa langsung diberikan kepada ternak dalam kondisi darurat. Fapet IPB University juga memberikan prosedur pemberian pakan sorinfer pada ternak sehingga pada saat pemberian, peternak yang terkena dampak bencana tidak kebingungan dalam memberikan jumlah pakan pada ternak.

Harapannya peternak disana, bisa mengikuti SOP yang telah dibuat sehingga pakan sorinfer ini bisa digunakan secara maksimal. (Neneng Elviani Hediningsih)