Prodi Teknologi Hasil Ternak IPB University Laksanakan Workshop Penyusunan RPS Mata Kuliah Berdasarkan Problem Based Learning

Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Ternak (THT) Fakultas Peternakan IPB University menyelenggarakan workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah. Workshop ini dilakukan agar capaian pembelajaran pada beberapa mata kuliah di Prodi THT lebih berdasarkan problem based learning (PBL).
 
Ketua Departemen IPTP, Dr Tuti Suryati dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah bersedia hadir dan berdiskusi dengan dosen IPB University dari Prodi THT. Selain itu, ia juga memberikan semangat kepada semua dosen yang terlibat dalam acara ini agar Prodi THT dapat lebih maju dan semakin berkembang.
 
“Kegiatan ini juga perlu dilakukan agar tercapai Indikator Kinerja Utama (IKU) 7, yaitu persentase mata kuliah S1 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project) sebagai bagian bobot evaluasi,” ujarnya.
 
Hadir sebagai narasumber, Dr Aprihatiningrum Hidayati, Dosen Sekolah Tinggi Manajemen (STM) PPM Jakarta. Pada kesempatan itu, ia memaparkan materi tentang ‘Penulisan Kasus Bisnis untuk Pembelajaran Berdasarkan PBL sebagai Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM)’.
 
Ia menekankan untuk memasukan kasus-kasus dalam kegiatan belajar mengajar, terutama praktikum, sehingga mahasiswa dapat melihat kasus yang tengah terjadi dan memberikan tanggapan dan solusi sesuai bidang keilmuannya. 
 
“Para dosen juga dihimbau untuk menulis kasus yang terjadi di lapangan dan dijadikan sebagai bahan ajar kepada mahasiswa,” sebut dia saat pemaparan materi workshop yang digelar di Ruang Sidang Departemen IPTP, Fakultas Peternakan, IPB University.
 
Selain itu, workshop ini juga merupakan rangkaian kegiatan untuk mengembangkan program studi dan didukung dengan dana hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). 
 
Pada sesi sharing session, kegiatan diisi oleh tiga narasumber dari Departemen IPTP IPB University, yaitu Prof Irma isnafia Arief (Mata Kuliah Diversitas Mikroba produk Hasil Ternak), Prof Niken Ulupi (Mata Kuliah Desain Ternak Monogastrik dan Satwa Harapan), dan Dr Zakiah Wulandari (Mata Kuliah Prinsip Teknologi Hasil Ternak) (ipb.ac.id)