Prof Anuraga Jayanegara Sebut Jurnal Adalah Corong Reputasi Akademik

Jurnal ilmiah yang dimiliki perguruan tinggi kerap menjadi media diseminasi informasi hasil karya para peneliti dan akademisi untuk menimbulkan dampak secara nasional dan global. Saat ini, IPB University memiliki 69 jurnal ilmiah aktif, dengan sebaran 4 jurnal yang telah terindeks Scopus, 54 jurnal terakreditasi SINTA, sementara 15 lainnya belum terakreditasi.
 
Jurnal yang belum terakreditasi, termasuk 3 jurnal yang baru dibentuk, kemudian mendapatkan pendampingan menuju akreditasi dari Direktorat Kajian Strategis dan Reputasi Akademik (DKaSRA) IPB University. Ada 10 pengelola dari 15 jurnal yang belum terakreditasi menghadiri kegiatan pendampingan (24/2) di Ruang Sidang Rektor 2, Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion (AHN), Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Prof Anuraga Jayanegara selaku Direktur Kajian Strategis dan Reputasi Akademik IPB University dalam sambutannya menyebutkan bahwa bidang reputasi akademik yang berkaitan dengan jurnal ilmiah dapat mengacu pada tiga hal, yaitu kuantitas, kualitas dan kontinuitas.

“Jadi tentunya target kami ingin memperbanyak jurnal-jurnal IPB University yang terakreditasi SINTA dan terindeks Scopus. Dari sisi kualitas, kami berusaha mendukung upaya-upaya jurnal yang sudah terakreditasi dan terindeks untuk bergeser ke tingkatan yang lebih tinggi lagi. Kemudian dari sisi kontinuitas, berkaitan dengan upaya-upaya yang akan dilakukan untuk menjaga keberlanjutan jurnal,” jelas Prof Anuraga.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan kali ini adalah untuk meninjau sejauh mana progress masing-masing jurnal, sehingga setiap pengelola jurnal semakin siap untuk mengajukan akreditasi SINTA.
 
“Jurnal itu bukan hanya tentang publikasi. Perjurnalan itu merupakan corong dari reputasi akademik. Sumber daya yang ada perlu di enhance, termasuk berbagai fasilitas yang mendukung. Mohon dukungannya supaya kita semua saling bersinergi,” tutup Prof Anuraga.
 
Asisten Direktur Bidang Reputasi Akademik, Drh Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kick off di awal tahun dan harapannya akan ditindaklanjuti untuk menghasilkan luaran nyata di akhir tahun.

Kegiatan pendampingan jurnal ilmiah menuju akreditasi SINTA menghadirkan Dr Iman Rusmana dan Sulistiyo, AMd sebagai narasumber. Agenda acara terdiri dari pemaparan materi terkait persyaratan akreditasi SINTA oleh Dr Iman yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing pengelola jurnal terkait progress menuju pengajuan akreditasi. Para narasumber juga memberikan ulasan dan masukan terkait progress setiap jurnal, disertai diskusi yang sangat aktif (ipb.ac.id)