Silaturahmi Fakultas Peternakan IPB University Menyambut Ramadhan 1444 H

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan mempererat tali silaturahmi, Fakultas Peternakan (Fapet) IPB menyelenggarakan kegiatan Cucurak di lingkungan Fapet IPB pada Senin (20/3) di Ruang Sidang Fapet IPB. Kegiatan dengan tema “Tingkatkan Iman dan Taqwa untuk Meraih Keberkahan Ramadhan” ini juga menghadirkan Ustadz Dr. (Cand.) H. Waladan Mardijja, A.Md., SE.Sy., MM sebagai Penceramah.

Dekan Fapet Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr menyampaikan bahwa acara cucurak ini lebih ke silaturahmi rasa bahagia menyambut Ramadhan walaupun dikemas dengan tradisi Jawa Barat, tapi ini lebih ke esensinya kepada silaturahmi dan saling memaafkan menjelang bulan Ramadhan.

“Kami dari Pimpinan Fakultas Peternakan dan juga atas nama pribadi dan keluarga memohon maaf atas kehilafan kami selama satu tahun ini, terutama dalam berinteraksi”ungkapnya diiringi dengan ucapan terima kasih atas kinerja para tendik selama ini. Dr. Idat juga berharap masa bulan Ramadhan tidak mengurangi intensitas atau pelayanan pada stakeholder baik Mahasiswa, Dosen, maupun Pegawai itu sendiri.

 “Pimpinan Fapet punya perhatian terhadap bulan Ramadhan yang penuh berkah ini” ungkap Ustadz Waladan dengan penuh apresiasi . Selanjutnya pada inti acara, hadirin yang terdiri dari puluhan tenaga kependidikan di lingkungan Fapet IPB ini mendengarkan tausiyah seputar bulan Ramadhan.  Pada tausiyah tersebut Ustadz Waladan juga mengutip hadits dari  Salman al-Farisi ra. berkata bahwa Baginda Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di akhir bulan Sya`ban "Wahai sekalian manusia, telah datang kepadamu satu bulan yang agung yang penuh berkah. Di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Inilah bulan yang memerintahkan berpuasa pada siang harinya sebagai amalan wajib dan sholat tarawih sebagai amalan sunnah, dan barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan sunnah, maka pahalanya sama dengan melakukan satu amalan fardu pada bulan yang lain dan barang siapa mendekatkan diri kepada Allah dengan satu kebaikan, maka sama nilainya dengan melakukan 70 amalan fardu pada bulan yang lain.

Ramadhan adalah bulan kesabaran, dan kesabaran itu balasannya surga. Ini adalah bulan simpati kepada sesama. Barangsiapa bersedekah di bulan Ramadhan kepada orang yang berpuasa, maka Allah ampuni dosa-dosanya, Allah akan membebaskan dia dari neraka dan Allah akan memberikan pahala kepada orang yang berpuasa tadi dengan tanpa sedikitpun mengurangi jatah pahala yang diberikan kepadanya. (Femmy)