Himasiter IPB University Kunjungan Industri Pakan ke PT Prima Agrostis Nusantara

Divisi Industri Pakan Biro Ilmu dan Keprofesian Himpunan Mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter), Departemen Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP), Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University melaksanakan program kerja visit industri pakan ke PT Prima Agrostis Nusantara (PAN), Jonggol, Kabupaten Bogor (4/3).

Ketua pelaksana kunjungan industri pakan, Kurniawan mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kegiatan survei langsung ke industri pakan. Tujuannya untuk menambah pengetahuan dan informasi mengenai manajemen feedmill melalui diskusi dan wawancara langsung di lapangan dengan para pekerja di PT PAN.

“PT PAN adalah salah satu industri yang bergerak dibidang pakan ternak. Industri pakan ternak yang baru berdiri kurang dari sepuluh tahun ini sudah difasilitasi dengan teknologi yang mutakhir. Dengan begitu, kami dapat menjadikannya sebagai tempat praktikum dan penelitian mahasiswa, dalam bidang budidaya hingga produksi hijauan pakan secara mekanik dan industri,” ujar Kurniawan.

Manager PT PAN, Jihan Aqilla mengatakan, produk dari perusahannya memiliki merek dagang ‘Sorinfer’ yang merupakan pakan komplit fermentasi siap saji. Dengan Sorinfer, memberi pakan menjadi mudah.

“Sorinfer bisa menjadi jawaban permasalahan pakan saat ini. Pasalnya, tidak semua peternak memiliki lahan yang cukup. Tidak semua juga mampu memformulasikan pakan yang berkualitas. Sorinfer adalah jawabannya,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini, para peserta dikenalkan dengan alat-alat yang dioperasikan dalam memproduksi Sorinfer. Selain dikenalkan dengan alat-alatnya, peserta didorong untuk mencoba mengoperasikan beberapa alat tersebut. Hal ini akan menambah pengalaman mahasiswa, terutama dalam produksi pakan berskala industri. 

Pada kesempatan yang sama, peserta diajak mengeksplorasi padang penggembalaan, kebun sorgum dan kebun indigofera menggunakan traktor dengan tujuan mengenalkan kondisi lapang pada industri pakan ternak, khususnya di bagian hijauan pakan