Fakultas Peternakan IPB University Jadi Tuan Rumah Penandatanganan Kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon

Sebanyak 4 Fakultas dan 1 Sekolah di IPB University sepakat menjalin kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan  (DKPPP) Kota Cirebon. Fakultas dan Sekolah tersebut adalah Fakultas Pertanian, Fakultas  Peternakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ekologi Manusia serta Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Peternakan, Kampus IPB Dramaga, (17/5). 

Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Dr Idat Galih Permana menyampaikan beberapa kesan terhadap kota Cirebon. Menurutnya, kota Cirebon bisa dimaksimalkan untuk membangun bukan saja di wilayah sendiri tapi juga di wilayah lain,  Cirebon juga merupakan kota dengan infrastruktur yang sangat baik dan hubungan Cirebon dan Bogor yang juga baik, terlebih banyak alumni atau warga Cirebon yang menjadi Dosen atau Tenaga Kependidikan di IPB.

 “Kita semua semangatnya sama dalam rangka kolaborasi dan kita memiliki sumberdaya yang sama-sama ingin kita majukan. “Kita ingin mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi termasuk juga unsur pemerintah daerah” ujar Dr. Idat dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan.

Harapannya, dalam tahun ini ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk pengembangan kota Cirebon, karena Cirebon merupakan wilayah yang sangat strategis untuk mensupport berbagai sumberdaya khususnya yang berada di wilayah Jabodetabek.

Ir. Hj. Yati Rohayati selaku Kepala DKPPP Kota Cirebon memberikan gambaran umum mengenai Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon yang terdiri dari Ketahanan Pangan(Badan Pangan Nasional), Pertanian dan Peternakan serta Kelautan dan Perikanan beserta UPT yang ada di dalamnya yaitu UPT RPH, Veteriner, Pengembangan Benih Hortikultura, Balai Pengembangan Ternak Potong dan Balai Benih Ikan Air Tawar.

Ir. Yati yang juga alumni IPB ini juga mengapresiasi kegiatan tersebut “Semoga PKS ini menjadi semangat lagi, menambah ilmu, menambah inovasi kreasi sehingga pelayanan kepada masyarakat di kota Cirebon lebih baik lagi, pembangunan di sektor pangan akan lebih baik lagi untuk masyarakat kota Cirebon”harapnya. Kepala DKPPP Kota Cirebon juga menjelaskan kondisin Cirebon secara umum dengan ludengan luas wilayah tidak lebih dari 38.000 KM2 , jumlah penduduk di malam hari sekitar 320.000 jiwa dan bisa meningkat hingga 7x lipatnya di siang hari. “Itu semua karena magnetnya ada di kota Cirebon, perdagangan, wilayah perlintasan, semua aktivitas di kota Cirebon bahkan keberadaan hotel bertambah setiap tahunnya.”ucapnya. selain itu, Ir. Yati juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan PKL di Balai Ternak Potong DKPPP Kota Cirebon.

Direktur Kerjasama IPB, Dr. rer. nat. Jaenal Effendi turut hadir dan menyampaikan beberapa poin terkait kegiatan tersebut “Hal yang akan ditambahkan di periode ini adalah multiplier effect dari kerjasama, artinya dibuat ekosistem. Direktorat Kerjasama sudah menganggarkan  kegiatan Temu Mitra, seluruh Mitra IPB akan kita pilah sesuai klasternya. Banyak juga yang sudah dilakukan oleh IPB, harapannya adalah hal-hal yang sudah dilakukan oleh masing-masing Fakultas bisa tersampaikan ke Mitra, IPB sudah one stop shopping” jelasnya.

Penandatangan perjanjian kerjasama ini juga disaksikan oleh para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas yang menjadi bagian dari penandatanganan PKS tersebut, hadir pula Staf Ahli Walikota Cirebon Bidang Ekonomi dan Pembangunan serta beberapa Kepala Bidang di DKPPP Kota Cirebon. (Femmy).