Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University sepakat menjalin kerjasama dengan PT. Panasonic Gobel Indonesia. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan di Ruang Sidang Fapet, Kampus IPB Dramaga Bogor, (11/6). Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Irma Isnafia Arief menjelaskan kerjasama yang dilakukan adalah penelitian aplikasi tentang water purification system (WPS) Panasonic untuk menjaga kualitas dan keamanan produk hasil peternakan unggas meliputi telur dan karkas, juga tentang kualitas air di peternakan unggas layer dan broiler chickens.  

Dr. Idat Galih Permana, Dekan Fapet menyampaikan apresiasi terhadap pihak Panasonic “Ini adalah pertama kalinya kita berkolaborasi dengan Panasonic, alat ini sangat penting karena di peternakan unggas yang membutuhkan sumber air bersih dan berkualitas. Alat ini juga bisa diaplikasikan di peternakan lain selain perunggasan di Indonesia, sehingga mendukung perwujudan SDG” ujarnya. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini juga turut dihadiri dan disaksikan oleh Dr. Hirofumi Fujita, peneliti yang mewakili pihak Panasonic, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Dr Sri Suharti serta Dr Iyep Komala selaku Dosen dari Departemen IPTP.

Tujuan dari Kegiatan Penelitian ini adalah Penelitian untuk mengembangkan inovasi terkait WPS Panasonic untuk digunakan di peternakan dan di rumah-rumah di Indonesia. Pihak Panasonic memberikan produk alat sistem pemurnian air (WPS) Panasonic untuk dipasang di chicken layer farm dan broiler chicken farm yang merupakan peternakan rakyat skala kecil menengah, terletak di wilayah Bogor Jawa Barat, dengan total 2 unit WPS.

Dari hal tersebut akan diketahui produktivitas penggunaan sistem pemurnian air (WPS) Panasonic pada peternakan untuk meningkatkan kualitas air dan mencegah kontaminasi bakteri yang menyebabkan kualitas dan keamanan produk ternak lebih baik.  Hasil penelitian diharapkan akan memberikan informasi aplikasi sistem WPS Panasonic kepada petani/peternak/sebagai peralatan pemurni air terbaik dengan dibuktikan dengan pengujian yang dilakukan di peternakan ayam pedaging dan ayam petelur. (Femmy)