Jelang Pelaksanaan KKNT Inovasi 2024, Dosen Fakultas Peternakan IPB Bekali Mahasiswa dengan Softskill

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menggelar Kuliah Pembekalan (Kuliah Kerja Nyata Tematik) KKNT Inovasi bagi seluruh mahasiswa yang mengikuti program KKN  di Auditorium JHH, (25/5). Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa Fapet ini menghadirkan empat orang narasumber. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fapet IPB Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt, M.Si  hadir memberikan arahan “Tahun ini Fapet ada 3 koordinasi wilayah, yaitu Kab. Banjarnegara, Kab. Brebes dan Kab. Batang, namun demikian mahasiswa Fapet tidak hanya disebar ke 3 korwil tersebut dan kita mengharapkan KKN ini diikuti full oleh mahasiswa yang mengisi KRS” jelasnya.

Selain itu Prof. Irma juga menyampaikan agar peserta memperhatikan keselamatan, selalu berhati-hati dalam berkendara di daerah KKN. “Dalam berinteraksi dengan masyarakat juga harus mengetahui adat istiadat. Selama ini (dalam KKN sebelumnya) kita tidak ada komplain dari pemda atau masyarakat, sehingga atittude atau karakter dan tingkah laku adik-adik selama disana untuk IPB dinilai baik. ” lanjutnya. “Lalu ini musim Pilkada, jadi tidak boleh sama sekali ikut dalam politik praktis yang ada disana, diperhatikan juga hal teknis seperti tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak, bawa secukupnya dan yang paling penting digunakan. Kemudian jangan lupa untuk minta izin dan doa restu kepada orangtua”pungkasnya.

Kuliah pembekalan ini menghadirkan empat dosen Fapet sebagai narasumber. Materi pertama disampaikan oleh M. Baihaqi, S.Pt, M.Sc, dosen dari program studi Teknologi dan Produksi Ternak ini menyampaikan beberapa tahapan KKN dari mulai membuat proposal hingga akhir pelaksanaan. “Mahasiswa yang melaksanakan KKN bisa menjadi narasumber, fasilitator dan motivator untuk masyarakat”terangnya. Selanjutnya Dr. Iwan Prihantoro, S.Pt, M.Si dari Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan memberikan materi seputar aspek hijauan dan pakan ternak.

Sesi ketiga pembekalan membahas aspek teknologi hasil ternak disampaikan oleh M. Arifin, S.Pt, M.Si. diawali dengan pengenalan produk hasil ternak yaitu produk utama, ikutan dan limbah. Arifin juga membagikan tips bagaimana cara memilih kemasan produk dengan memperhatikan anggaran, material, ukuran dan desain. Materi terakhir terkait softskill menghadirkan Dr. Sigid Prabowo, S.Pt., M.Sc yang berbagi teknik komunikasi massa saat KKN.”Perhatikan etika, ikuti adat istiadat dan jangan lupa untuk murah senyum”pesannya. (Femmy)