PT Medion Farma Jaya (Medion) bekerjasama dengan Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University mengadakan Sharing Session dan rekrutmen pegawai pada (1/8) di Ruang Sidang Fapet, Kampus IPB Darmaga, Bogor. Medion merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di industri farmasi peternakan dan telah berdiri sejak tahun 1976. Produk Medion telah didistribusikan ke lebih dari 20 negara di Asia hingga Afrika. 

Pada kegiatan ini, Neneng Arofah, S.Pt yang merupakan alumni Fapet IPB dan kini berkarir di Medion hadir sebagai Narasumber.
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fapet IPB Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt, M.Si hadir memberikan arahan di hadapan lebih dari 30 alumni maupun mahasiswa Fapet yang mengikuti rekrutmen. “Mencari kerja itu pada akhirnya sesuai dengan karakter kita, kalau karakter kita seorang peneliti maka kita akan ketemu bahwa job yang sesuai dengan kita adalah research and development. Kalau karakter kita itu sukanya komunikasi maka kita akan ketemu job yang sesuai itu adalah di bidang human resources dan juga PR” ujarnya. Namun demikian, Prof. Irma juga menyatakan karakter itu akan bisa juga berkembang karena saling membutuhkan. “Jadi jika kita lama kerja sebagai researcher di R&D maka suatu saat harus bisa mengemukakan hasil research nya itu komunitas yang lebih besar. Demikian juga dengan orang PR atau HRD, dia juga harus melakukan riset kecil-kecilan atau mereview beberapa riset supaya dia bisa menyampaikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh komunitas saat itu jadi kalau misalnya kita diterima di Medion itu insya Allah sesuai dengan kita pada saat ini dan jalannya masih panjang untuk bisa berkembang.” ujar Prof. Irma seraya menambahkan jika (peserta) tidak diterima bukan berarti jelek, tetapi karena jenis pekerjaannya kemungkinan tidak sesuai dengan karakter kita.

Selanjutnya Neneng Arofah, S.Pt sebagai alumni, berbagi pengalaman dan tips bagaimana mampu berkarir dengan sukses di Medion. Dengan bahasa yang lugas dan interaktif, ia menyampaikan beberapa tips untuk persiapan menghadapi dunia kerja. “Tips dari saya, sebelum wisuda saya menyiapkan diri terlebih dahulu termasuk kesiapan kompetensi seperti hardskill dan softskill, jadi ketika sudah wisuda saya sudah siap untuk bekerja” tuturnya. Selain itu “Sewaktu kuliah kita belajar mengenai hardskill secara teori dan praktik, serta kita juga dapat belajar mengenai kedisiplinan dan bekerja dalam tim dalam kegiatan organisasi di kampus. Hal tersebut sangat bermanfaat karena  saat bekerja di perusahaan dalam bekerja kita tidak hanya menggunakan kompetensi hardskill tapi juga softskill seperti kemampuan untuk bekerja dalam tim untuk menyelesaikan suatu proyek dengan baik sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan”.

Sheila Fanie Putri, S.Psi selaku HRD Medion yang juga hadir dan menyeleksi langsung para kandidat menyampaikan bahwa agenda sharing alumni dalam rangkaian rekrutmen ini dilakukan agar para kandidat bisa mengetahui gambaran kerja dari posisi yang ditawarkan dan mereka bisa lebih mengetahui tentang peluang karir di Medion. “Lalu pada saat sharing alumni, Neneng menyampaikan juga materi kuliah apa saja yang relevan dengan pekerjaannya sehingga para kandidat bisa mempersiapkan juga untuk menghadapi dunia kerja nantinya di Medion” tuturnya.
Untuk proses rekrutmen Medion di Fapet IPB sendiri sebetulnya sebelum pandemi sudah pernah ke Fapet, “Pada saat pandemi kita ganti jadi online lalu karena sekarang sudah bisa ke kampus lagi jadi kita mulai lagi secara offline”jelasnya. Sheila juga mengungkapkan jika Fapet IPB termasuk kampus yang paling banyak peminatnya pada saat rekrutmen dan perekrutan ini dilakukan tentunya karena alumni dari Fapet IPB terbukti memiliki kualitas yang sangat baik saat bekerja di Medion. (Femmy)